Banner Pemprov
Banner MUBA

PKK Muratara Gandeng Tujuh Pengrajin Lokal, Optimis UKM Bersaing di Provinsi

MURATARA,BS – Tim Penggerak PKK Kabupaten Muratara menggandeng tujuh pengrajin lokal. Mengikuti pemeran tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Mereka optimistis potensi usaha kecil menengah (UKM) tersebut mampu bersaing dan memiliki keunggulan tersendiri.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Muratara, NY Lia Mustika Syarif menegaskan ketujuh pengrajin UKM dari Kabupaten Muratara selama ini potensinya belum ditunjukkan di luar daerah. Padahal potensi pengrajin UKM tersebut dapat meningkatkan perekonomian rakyat. Sebab, UKM merupakan penopang kehidupan ekonomi yang saat ini situasi perekonomian tidak menentu.

“Mereka (UKM Muratara) punya kemampuan, mereka punya karya sudah saatnya kita bersaing dan tampil dihadapan kabupaten/kota lain,”tegas Ketua Tim Penggerak PKK Muratara, Ny Lia Mustika Syarif dalam peringatan Hari Ibu di Griya Agung Palembang. Sabtu (22/12/2018).

Menurutnya, potensi pengrajin UKM Kabupaten Muratara yang tampil seperti pengrajin batu, pengrajin batik, pengrajin songket, anyaman. Lalu, produk makanan seperti ikan pedo dsn sirup khas Muratara. Potensi pengrajin UKM ini mampu menarik wisatawan maupun pengrajin dari daerah lain untuk berkunjung ke Kabupaten Muratara.

Sehingga, Tim Penggerak PKK mulai melakukan penjaringan terhadap para pengrajin UKM yang ada. Bahkan, PKK siap bekerjasama dengan Disperindagkop untuk mempromosikan dan mengangkat pengrajin Muratara untuk berkembang pesat sesuai keahlian yang dimiliki.

“PKK Muratara juga nanti bersama Dinas Pariwisata membangun kampung wisata, kampung pengrajin kedepannya. Sehingga, kedepan Kabupaten Muratara dapat dikunjungi oleh daerah lainnya,”jelas dia.

Dia menjelaskan pihaknya optimistis bukan tidak berdasar mengingat di beberapa kali event provinsi, Kabupaten Muratara dapat juara bahkan siap tampil di tingkat nasional. “Kita bersyukur kabupaten Muratara sudah mulai diperhitungkan salah satunya lomba posyandu. Bahkan kemarin kita dapat meraih peringkat dua tingkat provinsi Sumsel,”katanya.

Selain itu, meski sebagai daerah baru, keberhasilan, ini modal bagi Kabupaten Muratara untuk bangkit, Muratara terus berkarya, terus bersolek dalam mewujudkan Kabupaten Muratara yang maju dan berdaya saing.

“Kita berharap tujuh kecamatan di Kabupaten Muratara. Dapat membentuk usaha rumahan yang kedepannya menjadi potensi wisata. Sehingga,  dapat meningkatkan perekonomian rakyat kita. Mari sama-sama kita membangun untuk Kabupaten Muratara yang lebih baik lagi,”pungkasnya. (Rel/key)