Ini Langkah Strategis Musrenbang RPJMD Muara Enim

 

MUARA ENIM,BS –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim, Senin (21/1/2019) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Panjang (Musrenbang RPJMD) di ruang Pangripta Sriwijaya Bappeda setempat.

Musrenbang RPJMD tahun ini, Pemkab Muara Enim konsentrasi untuk mewujudkan Muara Enim untuk rakyat yang agamis berdaya saing Mandiri Sehat dan Sejahtera.

“Visi jangka panjang 20 tahun Kabupaten Muara Enim 2005-2025 adalah Kabupaten Muara Enim yang sehat Mandiri dan sejahtera sesuai yang diamanatkan dalam Perda Kabupaten Muara Enim Nomor 8 Tahun 2008,” jelas Bupati Muara Enim H Ahmad Yani
RPJMD, katanya adalah dokumen perencanaan daerah untuk periode 5 tahun ke depan rencana pembangunan jangka menengah daerah serta tata cara pengelolaan rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana kerja pemerintah daerah.

“Musrenbang RPJMD merupakan langkah awal untuk mewujudkan visi Kabupaten Muara Enim diangkat masukkan partisipasi peserta musrembang serta pemangku kepentingan untuk penajaman, penyerapan dan klarifikasi kesepakatan terhadap Tujuan yang akan dicapai,” tegasnya.

Sementara Kepala Bappeda Muara Enim H Ramlan Suryadi. dalam Musrenbang RPJMd secara indikator makro Kabupaten Muara Enim menyikapi tingkat kemiskinan Kabupaten Muara Enim 5 tahun terakhir menurut lebih rendah dari provinsi akan tetapi lebih tinggi dibandingkan dengan angka nasional pada tahun 2018 tercatat sebesar 12,56% untuk indeks.

Pembangunan manusia Kabupaten Muara Enim mengalami peningkatan tetapi induknya masih dibawah provinsi dan nasional yaitu 68,4 3% di tahun 2018 sementara pertumbuhan ekonomi dalam kurun waktu 5 tahun terakhir di posisi 3 koma 14% dengan pertumbuhan tertinggi pada tahun 2017 yaitu 8,71% pada tahun 2018 melambat menjadi 7,35%

“Sementara tren tingkat pengangguran terbuka Mengalami penurunan namun di tahun 2018 menjadi 4,27% artinya lebih tinggi daripada angka provinsi yaitu 4,23% namun masih dibawah angka nasional yaitu 5, 34 persen,” ungkapnya.(darmin)