Kompensasi Tanam Tumbuh Belum Ada Ganti Rugi Warga akan Menggalang Gerakan  Moral 

TANJUNG ENIM,BS –  Warga Atas  Dapur Kelurahan Pasar Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim, berencana akan menggelar gerakan moral di kantor PT BA Tanjung Enim.

 

Gerakan moral ini, dipicu belum adanya kejelasan perihal kompensasi tanam tumbuh kepada 19 warga  tersebut, sejak tahun 2014 yang lalu.

 

“Kita akan menuntut kejelasan dari pihak PT Bukit Asam sebagaimana warga lainnya yang telah mendapatkan kompensasi tanam tumbuh yang telah mereka bayarkan,” ungkap Karyadi didampingi empat warga, Kamis (24/1/2019).

Menggelar aksi galang moral ini, katanya sudah menjadi pilihan akhir warga, agar

Suara mereka  agar dapat didengar oleh para petinggi perusahaan penambanga batu bara itu.

Bahkan, dia bercerita, sebelumnya ada pemanggilan beberapa warga oleh tim relokasi untuk negosiasi, hanya saja mereka diancam akan dibawah ke ranah hokum lantaran tidak mencapai kata kesepakatan.

“Dengan sengaja menakut-nakuti dan membodohi, layaknya pada saat selesai pendataan dahulu, kami berlima di panggil oleh tim Relokasi untuk negosiasi, namun begitu ada perdebatan. mereka mengancam akan.membawa persoalan ini ke ranah hokum,” ungkapnya.

Berbeda dengan beberapa warga lainnya, di lokasi Bedeng Sentral, tanaman  tumbuh warga  mendapat ganti rugi.

Berikut, kronologisnya, 19 warga Bukit Nurman Tagih Ganti Rugi Tanam Tumbuh ke PT Bukit Asam.

Pertama,  Pada bulan April 2014 dan bulan Mei 2014,  Tim relokasi Atas Dapur PTBA  melakukan sosialisasi kepada Ketua RT 01 Atas Dapur Sukaryadi, tentang tidak adanya penggantian tanam tumbuh atas pelaksanaan relokasi perumahan Atas Dapur.

Kedua,  Pada tanggal 23 Juli 2014, tim relokasi Atas Dapur PTBA mengajak Ketua RT 01 Atas Dapur beserta warga untuk mengadakan pertemuan secara resmi di ruang rapat Satuan Kerja PATB PTBA dan menegaskan bahwa tidak ada penggantian tanam tumbuh atas pelaksanaan relokasi perumahan Atas Dapur, dengan mempertimbangkan bahwa warga yang direlokasi telah diberikan tanah dan bangunan rumah.

Ketiga  Manajemen PTBA tidak memberikan janji lain selain memberikan tanah dan bangunan serta Surat Pernyataan Kepemilikan atas tanah kepada warga Atas Dapur.

Demikian klarifikasi dari Coorporate Secretary PT BA Tbk Suherman tertanggal (22/1/19) dan di konfirmasi melalui Humas Bukit Asam Tanjung Enim kamis (24/1/19)   (Dirman)