Raih Penghargaan Top 99 Sinovik, Ratu Dewa : SELFI Palembang akan Menjadi Percontohan Tingkat Nasional

SEMARANG,BS – Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI dalam Top 99 Sistem Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) atas program SELFI (Sekolah Filial Layanan Pendidikan Anak Berbasis Inklusi) dalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Pakjo Palembang.

Penghargan sendiri diserahkan secara langsung oleh Menteri Kemenpan RB RI Drs. Syafruddin, M.Si, kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang Ratu Dewa, Kamis (18/7/2019) malam ,di Gumaya Tower Hotel Semarang Provinsi Jawa Tengah.


“SELFI ini untuk membantu anak anak yang berhadapan dengan hukum untuk tetap bersekolah, SELFI dalam LPKA Klas I Pakjo Palembang ini ada pendidikan mulai dari Sekolah Dasar (SD), SMP dan SMA dan tenaga pengajarnya sama seperti sekolah formal lainnya,” kata Dewa.

Tidak hanya pendidikan dari berbagai mata pelajaran yang diberikan sama layaknya sekolah diluar tembok LPKA, Ijazah mereka (anal binaan) juga sama halnya seperti sekolah umumnya.


“Ijazah mereka terakriditasi,” tegasnya.
Dengan penghargaan yang diterima ini, Dewa berkeinginan SELFI bisa menjadi sekolah percontohan ditingkat nasional.

“SELFI kita sudah diakui KemenkumHam dan Dinas Pendidikan, dan kita ingin menjadi pusat pendidikan anak anak yang berhadapan dengan hukum di Provinsi Sumsel,” tegasnya.

Ratu Dewa pun memberikan apresiasi dengan terobosan yang dilakukan Dinas Pendidikan yang menggagas program SELFI ini sehingga dapat masuk dalam 99 TOP Inovasi Pelayanan Publik dari Kemenpan RB.

Pasalnya sejak adanya kompetisi ini di tahun 2014, baru kali ini inovasi pelayanan publik di Kota Palembang masuk kedalam 99 TOP Inovasi Pelayanan Publik Kemenpan-RB.

Yang mana Program SELFI ini menerapkan kurikulum pelajaran yang sama pada sekolah sekolah formal pada umumnya disamping juga untuk menekan tingkat kriminalitas anak.

“Sehingga pada saat kembali kemasyarakat bisa meneruskan pendidikan mereka di sekolah manapun juga, karena dilengkapi dengan ijazah dan keterangan lulus juga ada,” terangnya.

Nah, meski sudah menerima penghargaan Top 99 ini, kata Dewa, masih ada tugas berat yang akan dihadapi, yakni kembali untuk terpilih di 45 besar penghargaan Kemenpan RB RI ini.

“Program SELFI yang sudah masuk di 99 TOP Inovasi Pelayanan Publik Kemenpan RB, akan dikejar agar bisa masuk di 45 besar,sebagai rewardnya akan dapat bantuan dari pusat,” katanya.(za)