Palembang akan bangun dermaga sungai, fasilitas dan bangunannya sekelas bandara 

PALEMBANG,BS –Tiang pancang pembangunan dermaga wisata sungai, tepatnya di Dermaga 16 Ilir Palembang, kini resmi dilakukan.

Palembang ditunjuk Kementerian Perhubungan RI sebagai pilot project penataan kawasan dermaga sebagai pintu masuk transportasi Sungai Musi yang melayani semua rute.

Walikota Palembang H.Harnojoyo mengatakan, pembangunan Dermaga 16 Ilir ini akan dibangun dengan bangunan dan fasilitas sekelas bandara.

“Ini murni bantuan pemerintah pusat,” kata Harnojoyo, Sabtu (21/9/2019).

Tentunya, kata orang nomor satu di kota tertua di Indonesia ini, Palembang akan menjadi pusat perhatian banyak kabupaten dan kota di Indonesia, jika bangunan dermaga itu rampung seluruhnya.

Tentunya bangunan yang telah mulai dilakukan tiang pancang ini, menjadi apresiasi Pemkot Palembang terhadap Kementerian Perhubungan RI yang serius turut andil dengan wacana Pemkot Palembang menghidupkan transportasi sungai sebagai kota tujuan wisata sungai.

“Sungai Musi menjadi pintu keluar masuk hilir mudik beberapa kabupaten, dermaga yang ada saat ini belum layak. Adanya penataan dermaga baru ini akan memberikan rasa aman dan nyaman dimana moda transportasi akan terintegraso dengan Trans Musi dan LRT,” jelas dia.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang Agus Rizal, mengungkapkan, pembangunan dermaga pasar 16 sebagai tindak lanjut pertemuan Walikota Palembang dan Kementerian Perhubungan.

“Saat ini tengah pemancangan tiang Pancang dana pembangunan sepenuhnya dari APBN ,”jelas dia

Disingung berapa pagu anggaran serta berapa besar dermaga, Agus mengungkapka belum mengetahui secera rinci anggaran yang akan di gelontorkan nantinya, lantaran dirinya baru dipercaya memangku amanat sebagai kepala Dishub Kota Palembang.

“Nanti akan saya cek besaran anggaran dan besarnya dermaga yang akan dibangun,” jelasnya.(za)