Banner Pemprov
Banner MUBA

Monitoring Berkala, Lonsum Terapkan Tata Kelola Limbah Sesuai Parameter Aturan Lingkungan

MURATARA, BS – Penanganan limbah kelapa sawit di Belani Elok Palm Oil Mill (BEPOM) PT PP London Sumatra (Lonsum) Tbk  di Desa Beringin Makmur 2 Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Muratara menjadi perhatian manajemen perusahaan.

Monitoring secara berkala pada saat pengelolaan limbah cair berlangsung dilakukan manajemen perusahaan PT PP Lonsum Tbk seperti di Pabrik BEPOM dan pabrik lainnya. Sesuai parameter lingkungan yang tertuang dalam peraturan tentang lingkungan.

Hal tersebut ditegaskan Humas PT Lonsum Palembang, Sohirin, SE. Menurutnya, pengecekan secara berkala sesuai dengan komitmen dalam dokumen lingkungan dilakukan manajemen PT PP Lonsum.

Monitoring berkala juga dilakukan pegawai Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DHLD) di masing-masing lokasi pabrik CPO yang tersebar baik oleh DLHD Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) maupun Kabupaten Musi Rawas (Mura).

“Laporan pengelolaan limbah juga diserahkan manajemen perusahaan secara berkala ke DLHD Kabupaten/Kota). Sesuai aturan yang telah ditentukan,”tegas Sohirin saat melakukan peninjauan lokasi pengelolaan limbah pabrik BEPOM PT PP Lonsum Tbk di Desa Belani Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Muratara. Jumat (1/11/2019).

Menurutnya, perbaikan sarana pengelolaan limbah juga dilakukan manajemen perusahaan. Sehingga, meminimalisir kebocoran ataupun hal lainnya di lokasi pengelolaan limbah cair.

“Semua standar aturan yang telah ditetapkan untuk pengelolaan limbah cair menjadi perhatian manajemen perusahaan. Sehingga, limbah yang dikeluarkan semuanya sesuai standar baku mutu Undang-Undang Lingkungan Hidup.

“Manajemen perusahaan tidak main-main dalam pengelolaan limbah cair. Koordinasi intensif dilakukan bersama pihak DLHD Kabupaten/Kota setempat,”jelas dia.

Dia menjelaskan, manajemen perusahaan tidak ingin ada keluhan dari masyarakat dalam pengelolaan limbah. Sehingga, seluruh parameter aturan lingkungan dilaksanakan.

“Kita juga harapkan partisipasi masyarakat bersama-sama membangun daerah. Sehingga, tercipta kemajuan dan pembangunan yang berkembang pesat. Tentunya memberikan dampak positif peningkatan kesejahteraan masyarakat sendiri,”pungkasnya.(key)