OPD di Palembang wajib miliki taman

PALEMBANG,BS- Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemkot) Palembang kini diwajibkan memiliki taman.

Penghijauan berupa taman hias, kini mutlak dimiliki seluruh OPD untuk dilakukan penilaian yang mana saat ini Pemkot Palembang telah mengandeng salah satu media terkemuka untuk melakukan pengecekan satu persatu OPD yang ada.


Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, lomba taman setiap OPD ini dirinya yang akan turun langsung melakukan pengecekan.

”Maka dari itu setiap OPD harus miliki taman yang terawat, bersih, rapi dan teratur. Dan nanti akan kita lombakan,” katanya usai rapat bersama OPD dan 18 kecamatan di kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Pera KP) kota Palembang, Selasa (19/11).

Sesuai aturan Undang-Undang (UU) bahwa setiap kota harus memiliki 20 persen dari jumlah luas wilayah, yaitu taman kota. Diakui Fitri, saat ini kota Palembang masih 1,4 persen memiliki taman kota.

“Berarti kita masih ada PR lagi untuk menambah taman kota, harapan kita paling tidak kita bisa menjaga dulu taman kota yang sekarang, kita rawat. Dan kami berharap setiap OPD terlibat disana,” terangnya.

Dari apa yang dilakukan ini, pihaknya berharap akan ada gagasan lainnya sehingga memperluas RTH setiap OPD.

“Walaupun dengan ruang lingkup yang kecil OPD harus memiliki taman, contohnya seperti kota Palembang layak anak, dimana setiap OPD, instansi dan ruang layanan publik harus memiliki taman bermain untuk anak, minimal perpustakaan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pera KP kota Palembang, Affan Prapanca Mahali mengatakan, penataan ulang taman dalam kota sebanyak 157 titik, seperti taman simpang DPRD Sumsel, Flyover Polda, jalan protocol serta di beberapa titik lainnya.

“Penataan ulang taman kota akibat dari efek kemarau, jadi perlu dilakukan peremajaan dalam memberikan keindahan kota,” ungkapnya.
Selain taman kota, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan OPD dan camat untuk melakukan penataan taman yang ada disetiap kecamatan.

“Jadi selain taman kota, kita juga bersama OPD dan camat melakukan penataan taman juga,” pungkasnya.(za)