Uma Inovasi Kopi Selangit Mitra Binaan Asset 2 Pendopo Field, Juara 3 Festival Buah Tingkat Provinsi Sumsel

MUSIRAWAS,BS – Uma Inovasi Kopi Selangit Kabupaten Musi Rawas (Mura) mitra binaan Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field mendapatkan juara ketiga festival buah dan pertanian unggulan III tahun 2020 di Griya Agung Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Kegiatan yang diprakarsai Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Sumatera Selatan (Sumsel) bersama Pemprov Sumsel.

Juara pertama dimenangkan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Mura dengan produk buah Belimbing. Sedangkan juara ketiga dimenangkan Kota Pagaralam dengan produk unggulan jeruk.

Asset 2 General Manager melalui CSR Analyst Imam Maulana didampingi Staff CSR Yogi Banavinto mengatakan dalam festival yang digelar ini, PEP mengikutsertakan mitra binaan dari berbagai kabupaten/kota seperti Prabumulih, Muara Enim, PALI, Musi Rawas dan Musi Banyuasin.

Dimana para mitra binaan mampu memperlihatkan kualitas dan kuantitas produk unggulan dari daerah masing-masing dengan konsep ramah lingkungan. Dengan keikutsertaan mitra binaan wujud komitmen perusahaan dalam menciptakan lingkungan yang lebih sehat, sekaligus turut serta dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program Corporate  Social Responsibilty (CSR) pemberdayaan usaha lokal, sebagai wujud nyata kepedulian sosial perusahaan di masyarakat.

“Para peserta yang ikut banyak dengan berbagai produk buah unggulan dan kreativitas yang ditampilkan. Namun, tim juri sangat Fair menilai seperti produk Kopi Selangit dapat banyak pujian dari semua pengunjung,”jelas Yogi Banavinto.

Menurutnya, produk Kopi Selangit yang disajikan sangat banyak mulai dari Kopi Luwak Liar, Kopi Bujang Juaro Robusta, Kopi Robusta Selangit (Rose) untuk kalangan masyarakat kecil, pewangi kopi baik bentuk biji kopi ataupun cairan hasil permentasi kopi, gelang kopi dan berbagai produk Kopi Selangit termasuk kopi organiknya.

“Semua produk kopi berasal daerah setempat dan diolah para pemuda-pemudi lokal dari Desa Selangit Kabupaten Mura,”kata dia.

Terpisah, Yanuard pemilik Uma Inovasi Kopi Selangit mitra binaan Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field mengatakan festival yang diselenggarakan ini menjadi moment untuk memperkenalkan Kopi Selangit secara luas di masyarakat Provinsi Sumsel.

“Semua produk kopi berasal dan Desa Selangit dan dikelola pemuda-pemudi lokal. Pihaknya berterima kasih terhadap Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field yang senantiasa memberikan bimbingan agar produk Kopi Selangit memberikan nilai ekonomis sangat besar di tingkat pasaran,”ujar Yanuard.

Dia menambahkan kedepan pihaknya terus mengembangkan kreativitas dalam pengelolahan Kopi Selangit dan memberikan pemahaman kepada para petani Kopi Selangit untuk tidak lagi menjual biji kopi tetapi menjadikan bubuk kopi dengan melakukan pemilihan biji kopi yang baik. Sehingga, produk Kopi Selangit bisa membumi tidak hanya ditingkat provinsi tetapi nasional dan terkenal di dunia internasional.(key)