Muba baru
Palembang Emas

Box trap BKSDA berhasil tangkap Harimau Sumatera

MUARA ENIM,BS – Box trap atau kandang jebakan yang dipasang Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan (Sumsel) akhirnya berhasil menangkap seekor Harimau Sumatera di Desa Pelakat, Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim.

Informasi tersebut, ungkap Kepala BKSDA Sumsel, Genman Hasibuan, dari laporan petugas saat mengecek kandang jebakan yang disiapkan.

“Setiap hari petugas kami rutin melakukan pengecekan terhadap kandang jebakan atau box trap. Saat dilihat, salah satu kandang terdapat harimau yang masuk jebakan,” ungkapnya.

Saat ini Harimau tersebut telah diamankan dan dalam kondisi baik saat tertangkap dalam box trap.

“Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, kami menutup box trap dengan menggunakan kain. Rencananya harimau ini akan dievakuasi ke pusat rescue di luar Sumsel,” ulasnya.

Gernam mengaku, sedang koordinasi dulu apakah ke Lampung, Bengkulu, atau Jambi. Untuk sementara posisi harimau saat ini sudah diamankan dari lokasi penangkapan dibantu pihak kepolisian dan TNI.

“Kita libatkan pihak Polri dan TNI untuk mengamankannya, sebab ditakutkan masih ada warga yang dendam karena sebelumnya sempat terjadi dua serangan harimau di daerah itu, salah satu korban meninggal dunia,” tuturnya.

Sebelumnya, diketahui BKSDA memasang tiga box dan 20 kamera trap di daerah tersebut, serta menggunakan kambing sebagai umpannya. (Darminto)