Muba baru
Palembang Emas

Rangsang warga jaga kebersihan taman,, PU Pera KP galakan Jumat bersih

PALEMBANG,BS – Kepala Dinas Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Pera KP) Affan Prapanca Mahali, Jumat (7/2/2020) pagi,  memimpin langsung gotong royong membersihkan Kambang iwak Fark bersama pagawainya.

Berrmodal alat kebersihan sapu, sekop dan cangkul dalam waktu hitungan 1,5 jam taman yang menjadi pusat rekreasi dan olahraga bersama warga Kota Palembang ini dalam sekejab bersih.

“Ini menjadi awal gerakan kita untuk merangsang masyarakat untuk bersama menjaga kebersihan taman yang ada,” kata Affan.

Dikatakan Affan, Jumat bersih yang mulai digagas dinasnya ini, sebagai Gerakan Peduli Lingkungan dan Taman Kota.

“Kambang Iwak Fark, menjadi lokasi pertama yang dibersihkan, , karena KI ini merupakan salah satu icon pertamanan kota Palembang, kebanggaan kita, memberikan arti dan fungsi penting untuk kota Palembang,” ujarnya.

Menurutnya kegiatan ini juga menjadi langkah awal pihaknya untuk menjalin
dan merajut kepedulian kebersamaan sesama pegawai Pera-KP agar peduli terhadap lingkungan.

“Menjadi gebrakan pertama kita, bagaimana menggugah hati masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dan dunia pertamanan yang dimulai dari diri kita dulu,” ungkap Kepala Dinas Pera-KP, Affan Prapanca usai membuka Apel.

Affan menjelaskan, kegiatan ini akan dijadikan agenda rutin pihaknya di setiap awal bulan. Yang akan digelar di 175 taman kota yang di kelola Pemkot Palembang.

Berita Terkait

“Taman kota ini kan di bagi menjadi tiga zona, barat, timur dan seberang ulu. Nah untuk awal ini kita adakan di zona barat. Bulan depan akan kita gilirkan bisa di zona timur,” katanya.

Ia mengatakan, taman kota sebagai ruang terbuka hijau (RTH) harus dapat dijaga dengan baik. Mulai dari kebersihan dan keindahan taman itu sendiri.

Untuk Kota Palembang, tambah Affan, ketersediaan RTH masih belum mencukupi. Dari 20 persen RTH yang harus di siapkan pemerintah kota Pakembang saat ini, baru tercukupi kurang dari 11 persen.

“Dan ini menhadi PR kita untuk memenuhi 20 persen tadi. Sedangkan dari pihak swasta sendiri. Dari 10 persennya baru bisa 2-3 persennya saja,” tuturnya.

Karena itu untuk menambah RTH di Kota Palembang, pihaknya akan membuat taman taman baru disamping juga menjaga tamab taman kota yang telah ada sebelumnya

“Ditahun ini kita akan menambah 10 taman kota untuk memenuhi 7-8 persen RTH yang dibutuhkan,” tukasnya.(za)