Gerakan Cuci Tangan Lawan Virus COVID-19

 

PALEMBANG, BS–Makin meningkatnya penyebaran wabah COVID-19, menuntut adanya kontribusi bersama untuk saling peduli terhadap gaya hidup yang bersih dan sehat mulai dari diri sendiri.

Salah satu hal paling mendasar dalam melawan penyebaran COVID-19 adalah memastikan tangan kita selalu bersih.

“Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Pemerintah, Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina menyalurkan bantuan 30 unit wastafel portabel yang tersebar di titik-titik keramaian di Kota Palembang. Bantuan ini termasuk dalam Program Pertamina Peduli dan kontribusi perusahaan terhadap penanggulangan COVID-19,” jelas Region Manager Communication & CSR, Rifky Rakhman Yusuf

Pada wastafel portabel ini, Pertamina juga menyediakan informasi mengenai cara mencuci tangan yang benar. Cuci tangan selama 20 detik dengan enam (6) langkah dinilai dapat membersihkan tangan dari kuman ataupun virus yang mungkin menempel selama melakukan aktivitas.

“Harapannya, masyarakat dapat membudayakan mencuci tangan setelah melakukan seluruh aktivitas, dan cuci tangannya harus dengan langkah-langkah yang sesuai agar tangan benar-benar bersih. Selain untuk menjaga diri dari penyebaran COVID-19, mudah-mudahan mencuci tangan bisa menjadi kebudayaan masyarakat kedepannya, menjadi gaya hidup untuk selalu menjaga kebersihan,” tambah Rifky.

Bertahap mulai hari ini, masyarakat Kota Palembang dapat menikmati fasilitas wastafel portabel ini antara lain di :

1. Pasar 26 Ilir
2. Pasar Satelit Perumnas Sako
3. Pasar Temenggung (Pasar Burung)
4. Pasar Km 5
5. Pasar Lemabang
6. Pasar Plaju
7. Pasar 10 Ulu
8. Pasar Kertapati
9. Pasar Sungki
10. Pasar Induk
11. Pasar Yada
12. Pasar Padang Selasa
13. Terminal Alang-Alang Lebar
14. Simpang 5 SMAN 17
15. Gedung Serba Guna Rumah Susun
16. Taman Jeramba Karang
17. Gereja Siloam Kambang Iwak
18. Simpang Kades
19. Depan OPI Mall Jakabaring
20. Simpang Suro

Sekretaris PMI Provinsi Sumatera Selatan, Jhoni Bazmausyan mengungkapkan apresiasinya terhadap perhatian Pertamina.

“Penanggulangan COVID-19 ini butuh perhatian dari seluruh pihak, dan kami ber terima kasih atas kontribusi Pertamina. Kini fasilitasnya sudah ada, bersama-sama kita akan manfaatkan wastafel portabel ini untuk meningkatkan kesadaran budaya mencuci tangan di masyarakat,” katanya.

Selain PMI, Camat Plaju yang juga menerima langsung 10 unit wastafel portabel ini mengungkapkan rasa terima kasihnya. Menurutnya, kontribusi dalam bentuk apapun dapat menjadi langkah besar dalam melawan wabah COVID-19.

Rencananya, wastafel portabel akan ditempat kan di fasilitas umum di sekitar wilayah Kecamatan Plaju.

“Cara paling baik melawan COVID-19 adalah dengan memperhatikan kebersihan dirinya. Kita harus mendorong dan bergerak bersama untuk menumbuhkan rasa kesadaran ini sehingga kita bisa meminimalisir terjangkit COVID-19, yang bisa kita lakukan adalah berusaha semaksimal mungkin menjaga diri dan lingkungan di sekitar kita,” tuturnya.(why).