Banner Pemprov
Banner MUBA

Penanganan satu orang PDP Covid-19 di Empat Lawang nantikan alat medis dari RSUD Lahat

Lamanya waktu pemeriksaan medis guna status lanjutan pasien PDP belum dapat dipastikan
EMPAT LAWANG, BS – Update data terbaru dari Tim Gugus Tugas percepatan pencegahan dan penangan Corona Virus Desease (Covid-19) Kabupaten Empat Lawang mengabarkan bahwa saat ini ada 1 orang tengah dirawat sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan sebanyak 44 orang dengan status Orang Dalam Pengawasan (ODP).

Hal ini diungkapkan oleh Juru bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Empat Lawang dr. Arga Sena ketika dibincangi di Halaman Puskesmas Tebing Tinggi pada hari Sabtu (4/4/20) sekira pukul 16.00 Wib usai penjemputan pasien PDP di kawasan Tanjung Beringin Kecamatan Tebing Tinggi.

”Sekira pukul 12.00 Wib tadi siang kami menerima laporan data terbaru terdapat Satu orang pasien yang masuk kategori status PDP. Dan kini sudah kita bawa ke ruang isolasi di RSUD Empat Lawang guna dilakukan langkah perawatan,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan bahwa Satu orang pasien berstatus PDP ini menurut klasifikasinya merupakan PDP gela ringan. Karena sebelumnya sudah mengalami gejala batuk kering dan memiliki riwayat kontak langsung dengan pasien positive corona.

“Ada Tiga klasifikasi status PDP ini, pertama ringan dengan gejala batuk, pilek, atau demam. Kemudian yang kedua sedang adanya gejala Pneumonia artinya paru parunya mulai kotor dan terakhir Pneumonia berat yakni ada ancaman gagal nafas perlu tindakan Ventilator atau alat bantu pernafasan,” bebernya.

Lebih jauh Arga Sena menerangkan terkait penanganan Satu orang pasien PDP dalam kasus Covid-19 di Empat Lawang ini. pihaknya sekarang tengah menunggu alat bantu dari Rumah Sakit Lahat guna pengecekan lanjut secara medis terhadap si pasien.

“Untuk mengetahui status pasien selanjutnya kita lakukan pemeriksaan secara Slap dan menunggu alatnya dari RSUD Lahat, mereka memilki alat tersebut karena merupakan rumah sakit rujukan. Jadi kita belum dapat pastikan berapa lama proses pemeriksaan medis,” urainya.

Selanjutnya, sambung Jubir Tim Gugus Tugas Covid-19 Empat Lawang ini. Adapun langkah penanganan lain yang dilakukan yaitu melacak (tracking) riwayat perjalanan si pasien sejak pertama masuk ke Empat Lawang dari Zona Merah dan juga dilakukan pemeriksaan paru parunya (Rontgen) setiap hari serta kembali pengecekan menggunakan alat Rapid Test.

“Guna mengetahui stastus pasien Positive atau Negative nantinya kita butuh beberapa proses tindakan medis, dan itu akan kita lakukan pengecekan medis perhari sesuai langkah medis penanganan pasien Covid-19 tersebut,” tutupnya. (BOT)