Muba baru
Palembang Emas

Bantuan beras bergambar Bupati OI tidak mengandung unsur kampanye

OGAN ILIR,BS – Terkait beredarnya beras bantuan bergambar Bupati Ogan Ilir H.M Ilyas Panji Alam, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ogan Ilir angkat bicara. Ketua Bawaslu OI Dermawan Iskandar Melalui Ketua Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga (PHL), Idris mengatakan, gambar Bupati OI H.M Ilyas Panji Alam dikemasan beras bantuan Covid-19 tersebut sah-sah saja dan tidak melanggar aturan dikarenakan kampanye belum berlangsung

“Itu sah – sah saja tidak ada unsir kampanye. Apalagi masa kampanye belum berlangsung dan gambar yang di kantong beras itu menunjukkan beliau sebagai kepala daerah dan merupakan murni bantuan Bupati Ogan Ilir tidak,” ungkapnya via pesan WhatsApp, Kamis (30/4/2020).

Sementara menurut Kepala Dinas Sosial Ogan Ilir Irawan Sulaiman membenarkan adanya beras kemasan 5 kilogram bergambar Bupati tersebut. Yang mana seharusnya bantuan yang diterima masyarakat dalam bentuk 10 kilogram

“Terkait beras kemasan 5 kilogram itu, yang kemasan 10 kilonya habis. Jadi pihak penyedia ada kantong 5 kilo, jadi saya pikir ga masalah. Jadi kalau isinya 5 kilo dia (masyarakat) nanti dapat 2 kantong, jadi tetap 10 kilo,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Sedangkan gambar Bupati Ogan Ilir yang ada di stiker dan kemasan beras 5 kilogram, ia menampik jika ada kepentingan politik mengingat Ilyas Panji Alam juga Calon Incumbent di Bumi Caram Seguguk.

Sebab saat ini, Ilyas masih merupakan Bupati aktif, ditambah lagi pelaksanaan Pilkada 2020 diundur.

“Kami tidak berfikir ke situ (politik), karena ini ada imbauan Bupati. Jadi di situ ada foto Bupati memakai pakaian dinas, bukan sebagai calon bupati,” tambahnya.

Sekedar data, beras tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Ogan Ilir untuk seluruh masyarakat Ogan Ilir, tanpa pandang bulu. Menurut catatan yang dipegang oleh Dinas Sosial, target masyarakat yang menerima ialah seluruh masyarakat Ogan Ilir yang berjumlah 122.516 Kepala Keluarga (KK).

Bantuan tersebut berupa paket sembako yang berisi beras 10 kilogram, 6 kaleng Sarden, 1 bungkus Kecap, dan 10 bungkus Mie. Paket tersebut akan langsung didistribusikan ke tingkat Kecamatan, untuk kemudian diteruskan ke kelurahan dan desa dibawahnya.

“Jadi distribusinya langsung ke rumah-rumah, sebab instruksi yang kita dapat tidak boleh ada kerumunan,” katanya.

Dana untuk paket sembako itu didapat dari BTT APBD Ogan Ilir. Sedangkan pendistribusiannya akan dimulai pada Jumat (1/5/2020) ini. “Besok akan didistribusikan ke kecamatan masing-masing,” pungkasnya. (ril)