Wisata air hingga wisata sejarah, akan disuguhkan untuk wisatawan Piala Dunia

Foto.net(ftursm)

PALEMBANG,BS – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pariwisatanya tidak akan mensia siakan event akbar Piala Dunia U20 yang direncanakan akan di helat di Kota Paĺembang tahun depan.

Wisata air yang mulai dikemas , Sungai Sekanak hingga Sungai Lambidaro Bersolek, Lawang Borotan wisata budaya dan sejarah terletak di Benteng Kuto Besak (BKB) digadangkan untuk destinasi wisata unggulan untuk menarik wisatawan ke Bumi Sriwijaya.

“Ada (destinasi) yang tinggal penataan seperti Pasar Duren Kuto, Taman Publik POM IX dan Sekanak Lambidaro Bersolek. Kemudian destinasi baru dibuka nanti Lawang Borotan, wisata budaya dan sejarah terletak di Benteng Kuto Besak (BKB),” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani, Jumat (10/7/2020).

Menjadi kota tertua di Indonesia, kata Isnaini, sejarah Palembang layak untuk ditampilkan untuk disuguhkan ke wisatawan.

Mejadi tuan rumah pada event akbar Asian Games 2018 lalu, menjadi tolak ukur untuk lebih banyak mengaet turis luar untuk lebih mengenal sejarah Palembang.

“Tentunya kita terus mempersiapkan destinasi yang ada,” katanya.

Wisata milineal pun, swafoto tidak kalah pentingnya untuk ditata dan dipersiapkan untuk menjadi spot baru bagi wisatawan.

“Mengingat waktu persiapan menyambut pelaksanaan U20 masih cukup panjang.Kami akan tambah lagi yang baru tapi surprise saja,” ujarnya.

Pandemi Covid 19 yang diprediksi yang akan masih berlangsung hingga tahun depan, kata Isnaini protokol kesehatan menjadi hal yang paling penting untuk diperhatikan, dari tempat wisata yang ada di kota ini telah dilakukan penegakan protokol kesehatan yang wajib untuk diterapkan.

“Saat ini stigma masyarakat takut untuk berwisata akibat COVID-19. Karena itu, kami harap yang belum mematuhi protokol kesehatan agar segera mematuhi sehingga stigma masyarakat bisa hilang dan wisatawan kembali meningkat di Palembang,” tambah dia.

Isnaini melanjutkan, sejak pencabutan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kondisi wisata di Palembang mulai bergeliat dan menunjukkan hasil positif. Baik dari sektor perhotelan, cafe hingga destinasi wisata.

“Tapi kami imbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mengantisipasi COVID-19, dan berharap besar peningkatan (wisatawan) nanti saat Piala Dunia U20 ,” tandas dia.(za)