Banner Pemprov
Banner MUBA

September ini, murid SD dan SMP di Palembang nikmati Internet gratis

PALEMBANG,BS – Pemerintah Kota Palembang, melalui Dinas Pendidikan Kota Palembang, memastikan seluruh siswa SD, SMP dan guru di Kota Palembang akan menikmati jaringan internet gratis pada bulan September .

Pasalnya, pembangunan tower jaringan internet ditargetkan akan selesai pada Minggu kedua September 2020. Hal tersebut diungkapkan Ahmad Zulinto kepada awak media melalui sambungan seluler, Jum’at (19/8/2020).

Ahmad Zulinto mengatakan, orang tua siswa dan guru tidak usah khawatir dengan pembelajaran daring atau pelajaran jarak jauh (PJJ) secara online.

Pasalnya, minggu kedua September siswa dan guru akan mendapatkan layanan internet gratis.

“Semua didanai dengan dana BOS sekolah,” ujarnya.

Zulinto menjelaskan, nanti siswa bisa mengakses internet secara gratis dengan memasukan pasword misalnya nomor induk siswa. Sedangkan guru memasukan Nomor Induk Kependidikan atau NUPTK. “Bagi guru honor akan dapat kode pasword khusus,” ucapnya.

“Saat ini ada 60 tower untuk jaringan internet yang dibangun. Tower induk ada disini, kemudian ada tower cadangan ditempat strategis. Kalau kurang nanti kita tambah lagi,” tambah Zulinto.

Dia mengungkapkan, jaringan internet tersebut sangat kuat. Sehingga siswa dapat dengan lancar melakukan pembalajaran daring.

“Untuk pembelajaran daring ini kita tidak tahu sampai kapan. Kita lihat dari gugus tugas. Bahkan saat ini, IDI Anak belum merekomendasikan sekolah tatap muka. Karena jumlah penderita covid masih bertambah,”jelasnya

“Saat ini kita masih menunggu keputusan Pak Walikota, Ibu Walikota, Pak Sekda dan Gugus Tugas. Kita lihat kalau belum bisa sekolah tatap muka maka belajar daring dilanjutkan, tapi jika sudah zona hijau atau kuning bisa tatap muka bisa juga dengan daring. Yang pastinya jaringan internet bagi siswa dan guru cepat, tidak lemot,” pungkasnya.(za)