Muba baru
Palembang Emas

Diterjang Covid 19, tahun ini Restorasi Sekanak – Lambidaro dibatalkan

 

PALEMBANG,BS – Restorasi sungai Sekanak-Lambidaro yang rencananya dibangun di tahun 2020, dipastikan ditunda.

Covid 19, lagi lagi menjadi penyebab utama wisata sungai tersebut dapat menjadi destinasi wisata baru untuk mangaet wisata berkunjung ke kota tertua di Indonesia ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang kota Palembang Ahmad Bastari mengatakan, anggaran yang disiapkan Dinas PUPR Kota Palembang termasuk ke dalam Recofusing untuk penanganan Covid-19, termasuk dana pembangunan Sungai Sekanak- Lambidaro.

“dijadwalkan awal tahun 2021 mendatang,” kata Bastari,Rabu (9/9/2020).

Dijelaskannya, tahun ini anggaran dari Kementerian PU Balai Besar Sungai Sumsel sebesar Rp10 miliar. Tapi karena Covid-19 anggaran kena recofusing.

Meski restorasi Sungai Sekanak-Lambidaro ditunda, akan tetapi untuk penataan taman sekitar Lebak Cindo dari Kementerian PU Cipta Karya tetap berjalan. Dan tender akan dilakukan pada bulan Oktober 2020 nanti.

Masterplan restorasi, pengembangan saluran juga sudah dimiliki tinggal pelaksanaan. Termasuk pengembangan dinding Talud dan pengerukan.

“Pemerintah kota Palembang terus memantau penataan sekitaran Sungai Sekanak-Lambidaro. Yang dimana untuk penertiban dan pembongkaran lahan tahap kedua tinggal 5 persil lagi yang belum dilakukan,” jelasnya.(za)