Muba baru
Palembang Emas

205 Vaksinator dipersiapkan untuk penyuntikan Vaksin Sinovac

PALEMBANG,BS – Dinas Kesehatan (Dinkes)  Kota Palembang masih menunggu rencana pendistribusian vaksin Sinovac dari  Dinkes Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ke masing masing kab/kota yang ada di Sumsel.

Pelaksan tugas (Plt) Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Palembang Mirza Susanti mengatakan, Dinkes Palembang tengah melakukan pendataan vaksinator untuk bertugas melakukan penyuntikan.

“Jika mengacu Jadwal 4 januari mulai pendistribusian mulai pukul 13.00 sampai 16.00 WIB, tapi kita masih menunggu dan berkoordinasi dengan pihak logistik Provinsi kapan bisa pengambilan tersebut,” jelasnya, Selasa (5/1/2021) melalui telepon selulernya.

Petugas Vaksinator ini, katanya diambil dari Puskesmas yang ada, tiap puskesma akan direkrut 5 orang.

“Kita ambil  5 orang dari 41 puskesmas jadi ada 205 orang akan bertugas menjadi Vaksinator,” ungkap dia.

Berita Terkait

Sementara itu Sekretaris Daerah Palembang Ratu Dewa mengatakan, jumlah Vaksin di Palembang yang akan didistribusiakn Pemrov Sumsel sebanyak 19.080 vial, dan saat ini hanya menunggu pendistribusiannya dari gudang farmasi Dinkes Sumsel.

“Untuk jadwal pendestribusiannya itu di tanggal 14,” kata Dewa usai rapat bersama Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melalui Video Conference Via Aplikasi Zoom Cloud Meeting di Rumah Dinas Walikota.

Nantinya vaksin ini, akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan dan petugas di pelayanan publik.

“Yang pertama akan divaksin itu adalah tenaga kesehatan (Nakes) dengan jumlah tenaga kesehatan kita itu ada 13 ribuan,” tambahnya.

Dijelaskannya, setelah tenaga kesehatan, pendistribusian Vaksin tersebut juga akan diteruskan kepada para tokoh agama, tokoh masyarakat TNI-Polri serta ASN dilingkungan Pemerintah kota Palembang.

“Untuk ASN ini kita prioritaskan untuk yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik, seperti Dukcapil, DPMPTSP, RS Bari Kelurahan dan Kecamatan,” jelasnya.(za)