Muba baru
Palembang Emas

2021 ini, Fitri janjikan semua jembatan penghubung jalan alternative diperbaiki

 

PALEMBANG,BS – Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, Rabu (6/1/2021) kembali melakukan monitoring jembatan penghubung dijalan alternative, yang mulai kembali amblas akibat dilalui kendaraan tonase.

Tak jarang akibat amblas jembatan, seperti di Kelurahan Sialang Kecamatan Sako menuju Kecamatan Kalidoni Kelurahan Bukit Sangkal dan jembatan  di jalan Ali Gatmir Kelurahan 13 Ilir  Kecamatan Ilir Timur (IT) 1 Palembang ini, penguna jalan harus memperlambat laju kendaraan,akibatnya kemacetan panjang tak terhindarkan pada jam-jam sibuk.

“Tahun ini kita mintakan dinas terkait untuk monitoring semua jembatan, dan harus diperbaiki secepatnya,” tegas Fitri.

Seperti jembatan penghubung di Sako Palembang, meski kerap diperbaiki, hanya saja hal serupa amblasnya aspal akibat tidak kuatnya pondasi jembata menopang laju kendaraan, mengharuskan perbaikan serupa harus dilakukan kembali.

“Jembatan yang sudah beberapa kali diperbaiki ini ternyata sudah tidak kuat menahan beban kendaraan yang melintas dengan beragam tonase, sehingga kondisinya memungkinkan untuk secepatnya diperbaiki secara total,” tegasnya.

Selama perbaikan agar tidak mengangu aktifitas pengerjaan, sementara waktu lalu lintas kendaraan yang melintas jalan tersebut harus dialihkan.

“Tentunya ini akan menjadi wewenang Dinas Perhubungan untuk mengaturnya,” tegasnya.

Berita Terkait

Nah, sedangkan jembatan di Jalan Ali Gatmir, kata Fitri juga akan dilakukan perbaikan yang sama serupa dengan jembatan penghubung di Kecamatan Sako, hanya saja kerusakannya belum terlalu parah.

“Semua akan kita perbaiki namun kita priortaskan terlebih dahulu di Sako,” tegasnya lagi.

Fitri menjelaskan, kondisi cukup parah dengan adanya lubang besar yang berada di atas jembatan tersebut, sangat dirasakan akan berdampak dalam membahayakan pengendara yang melintas.

“Untuk sementara kita memerintahkan kepada PUPR bahwa lubang di Jembatan ini betul-betul ditutup dengan plat, sehingga tidak terjadi musibah yang tidak kita inginkan,” katanya.

Wakil Walikota Palembang dua periode itu juga menjelaskan, bahwa apa yang dilakukan tersebut merupakan bentuk komitmen yang dilakukan oleh Pemerintah terkait infrastuktur jalan yang ada di kota Palembang.

“Pada intinya di tahun 2021 ini akan kita selesaikan persoalan jalan, dan ini juga sudah menjadi komitmen Pemerintah kota Palembang. InsyaAllah di Tahun 2021 semuanya akan kita coba perbaiki,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Sako Palembang Amirudin Sandy mengatakan, terjadinya kerusakan jembatan tersebut terjadi karena banyak aktivitas mobil yang bermuatan besar yang sering melintas.

“Kemarin kondisinya masih stabil, lama kelamaan terjadi penurunan sehingga kondisi permenitnya mengalami retas dan patah pada sambungan jembatan tersebut,” ungkapnya.

Dirinya menghimbau,  kendaraan perusahaan yang bertonase besar yang sering menggunakan jalan ini sebagai lintasan untuk cepat agar tidak lagi melewati jalan ini sehingga hal ini sangat merugikan  masyarakat setempat.

“Saya menganjurkan kepada mereka agar mencari jalan alternatif lainnya . (ril)