Muba baru
Palembang Emas

Sinergi Kemenag Sumsel dan PT. Swarna Dwipa perkuat pengelolaan Asrama Haji

PALEMBANG,BS –   Kanwil Kemenag Sumsel dan PT Swarna Dwipa Sumsel Gemilang (SG) duduk bersama memperkuat sinergi dan kerjasama dalam pengelolaan Asrama Haji Palembang.

Hal ini terungkap dalam pertemuan antara Kakanwil Kemenag Sumsel Dr. Drs. H. Mukhlisuddin SH, MA didampingi Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah H. Armet Dachil SH serta Kasubbag Umum dan Humas Dr. H. Saefudin M.Si menerima audiensi Direktur Swarna Dwipa Sumsel Gemilang (SG) Rebo Iskandar Pohan dan manajer Asrama Haji Palembang Ahmad Yani di Ruang Rapat Kakanwil, Kamis (7/1).

Direktur PT Swarna Dwipa SG Rebo Iskandar  gembira  berkunjung secara resmi ke Kantor Wilayah Kemenag Sumsel.  Kedatangan pihaknya untuk memperkenalkan diri selaku mitra Kemenag Sumsel, utamanya dalam pemanfaatan Asrama Haji guna menyukseskan penyelenggaraan haji dan umrah.

“Asrama Haji Palembang merupakan salah satu asrama haji di Indonesia yang dimiliki pemerintah daerah. PT Swarna Dwipa SG sebagai Badan Usah Milik Daerah (BUMD) dalam hal ini dipercaya Gubernur Sumsel H. Herman Deru untuk mengelola Asrama Haji Palembang,” kata Rebo Iskandar.

Ia senang,   jalinan kerjasama antara Kemenag Sumsel dan PT Swarna Dwipa SG selama ini sudah terjalin dengan baik, bahkan beberapa kegiatan Kemenag dilaksanakan di Asrama Haji Palembang.
“Mudah-mudahan hal ini bisa berlanjut. Sehingga kita bisa ‘menghidupi’ Asrama Haji. Alhamdulillah sejak kita pegang, kesan kumuhnya berangsur-angsur berkurang. Bahkan salah satu gedung Asrama Haji sudah setara kualitas bintang tiga. Sehingga beberapa pejabat Kemenag RI sempat menginap di sana,” ucap Rebo.

Dijelaskannya,  pada musim haji 2019 lalu, tidak ada jamaah yang komplain terhadap pelayanan di Asrama Haji, baik ke pihak Kementerian Agama maupun langsung ke pihak Asrama Haji.

Berita Terkait

“Kita memang berupaya sebaik mungkin untuk menjaga kualitas pelayanan terhadap jamaah haji. Perbaikan sarana dan prasarana terus kita lakukan. Apabila Pak Kakanwil ada waktu, kami sangat senang bila Bapak mengunjungi Asrama Haji. Sehingga dapat memberikan masukan apabila ada kekurangan-kekurangan yang harus dibenahi,” kata dia.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sumsel menyambut baik kedatangan Direktur PT. Swarna Dwipa.

Mukhlisuddin mengatakan, silaturahim merupakan hal penting dan nomor satu, agar  komunikasi tetao  terjalin baik dan mempermudah mencari solusi jika menemui  permasalahan.

“Asrama haji merupakan bagian dari Kementerian Agama. Orang akan melihat asrama haji adalah Kementerian Agama. Ruhnya penyelenggaraan haji adalah asrama haji. Karenanya, kerjasama antara Kemenag dan PT Swarna Dwipa SG harus ditingkatkan,” kata Mukhlisuddin.

Mukhlisuddin sendiri menegaskan kesiapan Kemenag mendukung upaya PT Swarna Dwipa SG untuk terus melakukan perbaikan dan pembenahan di Asrama Haji Palembang. Baik dari sisi sarana prasarana, maupun pelayanan.

“Kebersihan, kerapian, dan keindahan asrama haji harus dijaga. Termasuk soal sisi pelayanan, baik terhadap tamu asrama haji maupun terhadap para jamaah haji,”  Mukhlisuddin menuturkan.(gus)