Banner Pemprov
Banner MUBA

Percantik Sungai Musi, Sapa Koja terangi bantaran sungai dengan  lampu listrik  bertenaga surya

PALEMBANG,BS-  Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bersama CV Sapa Koja terus konsisten menerangi Kota Palembang, saat ini memperindah objek kawasan wisata di kota tertua di Indonesia dengan lampu teknologi solar cell (Bertenaga surya) menjadi prioritas utama.

Direktur Utama (Dirut)  CV Sapa Koja Remadani Oktaviani SH mengatakan, saat ini pihaknya tengah memfokuskan pemasangan  penerangan jalan umum (PJU)  lampu jalan listrik bertenaga surya dibeberapa kawasan wisata yang ada di Kota Palembang.

Saat ini juga, pihak CV. Sapa Koja  telah menurunkan timnya kembali  untuk melakukan pemasangan  langsung lampu listrik bertenaga surya di kawasan Jalan K.H Azhari  Lorong Pedatuan Laut RT 01 RW01 Kelurahan 12 Ulu Kecamatan Seberang Ulu (SU) II Palembang, tepatnya di wisata Sungai Musi Turap Palembang.

“Untuk kawasan ini akan kita pasangai sepanjang Turap,dengan jarak 50 meter tiap tiang listrik, untuk memberikan penerangan lampu pada malam hari,” kata Remadani, Senin (15/2/2021) saat memonitor langsung pemasangan lampu listri dikawasan tersebut.

Perempuan yang akrab dipanggil dengan nama Bunda Vie mengungkapkan, tidak hanya terfokus dikawasan Turap bagian Ulu Kota Palembang saja, beberapa kawasan wisata yang lainnya juga menjadi sasaran untuk dipasangi lampu listrik yang diklaim mampu menghemat biaya tersebut.

“Kita juga akan memasang lampu ini di tempat wsiata lain,seperti Gudang Boencit, Benteng Kuto Besak (BKB) dan Pulau Kemaro,dalam waktu dekat ini” ungkapnya.

Bahkan, untuk menambah kecantikan Sungai Musi pada malam hari, lampu listrik bertenaga surya ini, kembali akan dipasang lagi dengan lampu LED berwarna kuning 6o watt.

“Nantinya akan kita tambah percantik dengan lampu baru lagi, selaian lampu yang tengah dipasang ini dengan penerangan cahaya 40 watt, kedepan kembali kita pasang dikawasan Ilir dan Ulu Kota Palembang lampu listrik cahaya kuning 60 watt disepanjang bantaran Sungai Musi, tentunya akan memberikan nuansa baru saat berwisata air pada malam hari nantinya,” ungkapnya lagi.

Bunda Vie merincikan sesuai dengan target awal pihaknya akan memasang  10.441 titik    penerangan jalan umum (PJU)  lampu jalan listrik bertenaga surya yang akan menerangi ratusan titik jalan di Kota Palembang, termasuk beberapa tempat wisata yang ada.

“Perlahan tapi pasti akan kita tuntaskan, pemasangan ini, saat ini kita fokuskan beberapa ditempat wsiata yang ada,” tegasnya.

Sementara itu Camat SU II Palembang Rakhman Hidayat Pane mengatakan, pihaknya santa antusia menyambut program Indonesia terang ini, terlebih kawasannya menjadi pilot project pemasangan lampu tersebut yang langsung dikomandoi Walikota Palembang H.Harnojoyo belum lama ini.

“Di wilayah Kecamatan SU II sudah ada tiga kelurahan yang akan segera diterangi lampu bertenaga surya, yakni Kelurahan 11, 12 dan 13 Ulu, khususnya dikawasan bantaran sungai,” katanya.

Diakui Pane, selama ini Turap yang menyajikan pemandangan eksotis Sungai Musi pada malam hari belum didukung dengan pencahayaan yang memadai.

‘Nanti malam keindahan lampu bertenaga surya ini sudah bisa dinikmati,” katanya.

Bahkan, beberapa kawasan di wilayahnya seperti di perkampungan, masjid telah terpasangan lampu tersebut.

“Kalau untuk keseluruhan wilayah SU II kita mengajukan sebanyak 250 titik penerangan lampu jalan ini, saat ini suda ada 30 titik termasuk dikawasan Turap ini,” katanya.

Dirinya mengakui, belum lama ini juga lampu listrik yang telah terpasang sempat dicuri oleh oknum yang tidak bertangung jawab.

“Kita menghimbau kepada warga agar memiliki rasa tangung jawab yang tingi untuk memiliki rasa memiliki bersama, terlebih lampu yang telah terpasang untuk bersama,” ajaknya.(za)