Banner Pemprov
Banner MUBA

Terus Berkontribusi Untuk Negeri, Kilang Pertamina RU III Plaju Sumbangkan 4 Hal Ini Untuk Pembangunan Daerah

 

PALEMBANG,BS– Pertamina Refinery Unit (RU) III Plaju sebagai kilang tertua di Indonesia tidak lepas peran utamanya sebagai pengolah bahan bakar minyak yang terus eksis di era digital ini.

Berbagai inovasi dan pengembangan telah dilakukan untuk membuat kilang tertua ini mencapai optimalisasi dan kehandalan operasional yang tertinggi dengan mengikuti perkembangan teknologi saat ini.

Dengan eksistensi ini, Pertamina RU III Plaju mampu untuk terus menyumbangkan kontribusi untuk pembangunan daerah di sekitar wilayah operasi perusahaan, sebagaimana yang disampaikan oleh General Manager RU III Plaju, Moh. Hasan Efendi, saat melaksanakan ramah tamah dengan 13 pimpinan redaksi media di Kota Palembang pada Jum’at (26/2).

Bertempat di Taman Edukasi Pertamina RU III Plaju, Hasan juga menyampaikan lima kontribusi Kilang Pertamina RU III Plaju untuk pembangunan daerah, diantaranya:

Serap Tenaga Kerja Lebih Dari 5.000 Orang

Sebagai salah satu BUMN terbesar di Provinsi Sumatera Selatan, Pertamina RU III Plaju telah menyerap hingga lebih dari 5.000 orang tenaga kerja aktif.

“Kita menyerap tenaga kerja tetap sekitar 868 orang, tenaga kerja jasa penunjang yang dikontrak Pertamina sekitar 694 orang, dan ribuan orang lainnya yang merupakan tenaga kerja kontrak volume yang mendukung operasional dan bisnis kilang. Jadi total tenaga kerja keluar masuk perusahaan sekitar lebih dari 5.000 orang yang sebagian besar merupakan masyarakat di sekitar perusahaan atau ring 1,” ujar Hasan.

Berdayakan Lebih Dari 4.650 Orang Melalui Program TJSL

Hasan menambahkan bahwa Pertamina RU III Plaju juga turut mewujudkan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) di masyarakat sekitar lokasi kilang melalui berbagai program pemberdayaan masyarakat. Prorgram ini telah memberdayakan lebih 4.650 orang dengan total dana bantuan yang telah dikeluarkan sebanyak lebih dari Rp 5,4 Miliar selama tiga tahun terakhir.

“Kita juga berinovasi bersama masyarakat di sekitar perusahaan yang kita bina melalui berbagai program tanggung jawab sosial dan lingkungan yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Hasan juga menyebutkan beberapa program TJSL yang saat ini tengah berjalan dan memberikan perubahan yang positif bagi masyarakat sekitar perusahaan, diantaranya Kampung Kreasi Pertamina di Lorong Mari, Kampung Siaga Covid-19, Pelestarian Ikan Belida, Taman Edukasi Pertamina, dan Desa Mandiri Energi.

Keluarkan Lebih dari Rp 2,9 Miliar Untuk Bantuan Penanggulangan Covid-19

Pertamina Refinery Unit III Plaju bersama dengan Pertamina Marketing Operation Region II Sumatera Bagian Selatan, telah membantu upaya pemerintah dalam penanggulangan penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat melalui berbagai bentuk bantuan senilai total Rp 2,9 Miliar untuk wilayah Sumatera Bagian Selatan selama tahun 2020. Upaya yang dilakukan, diantaranya sosialisasi pencegahan Covid-19, penyemprotan disinfektan dan pemasangan himbauan protokol Covid-19 di tempat umum, serta penyerahan bantuan wastafel portable, APD (alat pelindung diri) berupa paket berisi masker, _hand sanitizer_, dan ¬_faceshield_.

“Kami menyalurkan hampir Rp 3 Miliar untuk penanggulangan Covid. Semoga bantuan ini terus bergulir untuk menanggulangi pandemi Covid-19 yang masih belum selesai ini dan semoga pandemi ini lekas berakhir,” harap Hasan.

Kontribusi dan upaya ini telah diapresasi Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan dengan memberikan penghargaan kepada Pertamina RU III Plaju yang menunjukkan kepeduliannya dalam pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19 di Provinsi Sumatera Selatan pada 1 September 2020.

Kontribusi Pajak Daerah Hampir Rp 60 Miliar

Hasan juga menerangkan bahwa Pertamina RU III Plaju juga menjadi salah satu penyumbang pajak daerah terbesar di Kota Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan dengan total pajak daerah hingga Rp 59,7 Miliar.

Pajak daerah ini sebagian besar didominasi oleh pajak bumi dan bangunan, sedangkan lainnya merupakan pajak pemanfaatan air permukaan industri, pajak penerangan jalan Non-PLN.

Di sela-sela acara ramah tamah dengan media ini, General Manager RU III Plaju juga mengajak para pimpinan redaksi media di Kota Palembang untuk melihat secara langsung proses produksi Kilang Pertamina RU III Plaju dari penerimaan minyak mentah hingga menjadi produk jadi.

Adapun fasilitas operasi utama pada Kilang Pertamina RU III Plaju yang dikunjungi, diantaranya Area Pengolahan Minyak Mentah Utama (CDU), Area Produksi Avtur (Avtur Treating Unit – CDGP), Area Produksi Breezon MC-32 dan Polytam (Polypropylene), serta Area Pengolahan Minyak Mentah Turunan (FCCU).

Setelah berkeliling area Kilang Pertamina RU III Plaju, Dolly Rosana selaku perwakilan dari Kantor Berita Antara Sumatera Selatan mengungkapkan kekagumannya bahwa tur ke dalam kilang merupakan pengalaman perdananya.

“Kegiatan ini menjadi kali pertama bagi saya untuk melihat langsung bagaimana sebenarnya kilang minyak itu. Cukup _surprise_, ternyata Kilang Plaju dan Sungai Gerong sangat bersejarah bagi Indonesia. Apalagi menyaksikan bukti nyata bahwa kilang yang dibangun di zaman penjajahan itu masih bertahan hingga kini,” kesan Dolly seraya mengagumi isi Kilang Pertamina RU III Plaju.

Senada dengan Dolly, Dina Apriana selaku Station Manager Radio Sonora & Smart Palembang bercerita bahwa kakeknya pernah bekerja di Kilang Sungai Gerong yang pada saat itu masih banyak ekspatriat dari Amerika Serikat dan Belanda.

“Ini kali pertama melihat langsung lokasi kilang minyak yang berdiri sejak 1904. Saya kagum luar biasa karena kilang masih berdiri kokoh. Dan lebih salut lagi, melihat pekerja yang kuat menahan kondisi panas di sekitar kilang, ditambah dengan memakai baju safety. Tapi apapun itu saya sangat apresiasi terhadap kerja teman-teman Pertamina,” ungkap Dina sambil memuji para pekerja Pertamina RU III Plaju.

Di akhir sesi, Hasan juga meminta dukungan kepada para pimpinan redaksi yang hadir untuk terus mendukung Kilang Pertamina RU III Plaju agar dapat memberikan yang terbaik dalam mengolah energi yang berkualitas.

“Kami berharap keberadaan Pertamina RU III Plaju dapat terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. Tidak hanya ketersediaan produk, tapi juga melalui program TJSL, penyerapan tenaga kerja, serta kontribusi lainnya. Yang kami lakukan ini semata untuk memberikan arti bagi negeri. Untuk itu, dengab kerendahan hati kami mohon media dan seluruh masyarakat agar terus memberikan doa dan dukungannya agar Kilang Musi terus memberi energi untuk negeri,” pungkas Hasan.

Dalam kegiatan dan kunjungan lapangan ini, Pertamina RU III Plaju selalu berkomitmen untuk tetap menjaga dan melaksanakan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 dengan ketat dan memastikan setiap peserta dan panitia memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Pertamina RU III Plaju juga menyediakan perlengkapan dan peralatan pendukung protokol pencegahan penyebaran Covid-19, seperti masker, alat pengukur suhu, wastafel cuci tangan, dan _hand sanitizer.(ril)