Banner Pemprov
Banner MUBA

Hakim bisa kembalikan berkas jika Jaksa sering menunda sidang

PALEMBANG BS-  Perkara kasus pembunuhan dengan terdakwa Yulius Saputra, dimana sidangnya selalu ditunda oleh Jaksa Penuntut dengan alasan yang tidak jelas, ditangapi serius Kantor Hukum Lani Nopriansyah.

Kekesalan, Lani Nopriansyah buntut dari kelakuan jaksa RP yang kerap menunda sidang A. Rizal dan Azmi Kandias kasus pembunuhan terdakwa Yulius Saputra.

“Kami akan melaporkan ini ke Kejasaan Tinggi Sumsel,” kata Lani, Senin (1/3/2021).

Penundaan sidang ini, kata Lani bukanlah pertama kalinya, akan tetapi telah berlangsung selama enam kali ditunda oleh jaksa penuntut..

Sedangkan menurut pihak Pengadilan Negari Palembang melalui Humasnya yang di Sampaikan Abu Hanifah mengatakan, penunda itu masih batas yang ditoleransi, misalnya masalah Covid 19 pihak hakim tetap memaklumi.

Namun apabila penunda sidang sudah keseringan dan melebih batas toleransi maka hakim bisa mengembalikan berkas perkara tersebut.

“Kami mengembalikan berkas tersebut beralasan karena jaksa yang menangan perkara ini dianggap tidak serius,” jelasnya.

Oleh karena itu para jaksa yang bersidang di Pengadilan Negeri Palembang, harus memilik kesadaran yang tinggi sehingga proses penyelesaiannya tidak lain adalah saling pengertian satu sama lainnya. ( ARH)