Banner Pemprov
Banner MUBA

Menginap, Tamu Hotel Duta Dapat Mobil

 

PALEMBANG,BS – Perhotelan menjadi salah satu bisnis yang paling terpukul selama masa pandemi covid 19. Namun managemen hotel Duta justru membuat gebrakan dengan memberikan hadiah satu unit mobil kepada tamu.

Hal itu disampaikan owner hotel duta, KMS HM Soleh didampingi General Manager Hotel Duta, Sulaiman di ruang kerjanya, Selasa (8/3).

Saat ini, diakuinya secara omzet memang turun hampir 50 persen bahkan kondisi ini sudah terjadi selama satu tahun terakhir.

Operasional hotel juga tidak mungkin berhenti atau bahkan melakukan pengurangan fasilitas karena bisa berdampak pada kenyamanan tamu.

Tak hanya dihadapkan pada persoalan omzet saja, pihaknya juga harus perang harga karena berhadapan dengan kompetitor dimana hotel bintang tiga keatas juga kini merebut market yang sama.

“Lihat saja saat ini hotel bintang tiga keatas menjual harga jor-joran sangat murah sekali. Artinya market hotel bintang dua kini diperebutkan. Tapi kita juga tidak bisa menghalangi karena mungkin ini salah satu cara mereka untuk bertahan,” katanya.

Lebih lanjut, kata dia, belum lagi ketakutan atas minimnya tamu yang menginap. Pihaknya pun mau tak mau harus mengatur langkah agar tamu tetap terlayani dengan maksimal meski dengan kondisi yang sulit. Salah satunya dengan memberikan reward yang lebih menantang. Satu hadiah grand prize bahkan sudah dipersiapkan untuk tamu yang beruntung, berupa satu unit mobil Grand New Xenia. Bahkan mobil tersebut kini sudah dipajang di halaman utama hotel tersebut.

“Ini khusus reward kita kepada tamu yang menginap. Mobil ini bahkan sudah kita siapkan sejak tahun lalu,”katanya.

Hadiah tersebut untuk tamu yang menginap di hotel Duta dan berlaku kelipatan. Satu hari menginap akan mendapatkan satu kupon dan jika dua hingga tiga hari menginap juga mendapatkan dua sampai tiga kupon. Selain itu disiapkan juga hadiah lain, seperti mesin cuci, lemari es, sepeda serta 30 voucher menginap. Selama berjalannya program, lebih dari 6000an kupon yang sudah masuk dan ditargetkan pada pengundian Desember nanti, kupon yang masuk bisa diatas 10 ribu kupon. “Pengundian grandprize kita lakukan pada Desember nanti dihadapan notaris dan pihak berwenang,”katanya.

Secara umum, program ini mampu mendongkrak hunian. Mereka yang menginap kebanyakan tamu sumsel dan luar. Pihaknya tetap melakukan penerapan protokol kesehatan secara ketat kepada tiap tamu, mulai dari pengecekan suhu tubuh, penyediaan sarana cuci tangan, peralatan di kamar seperti sprei, handuk yang terus dijaga kebersihan hingga penyemprotan desinfektan secara simultan.

Dikatakan juga, untuk harga kamar juga diberikan diskon khusus, mulai dari Rp 200 ribu hingga 650 ribu dari sebelumnya Rp 380an ribu hingga 900 ribu. Saat ini hotel Duta memiliki 141 unit kamar, terdiri dari Kamar tipe standar sebanyak 26 unit, superior 72 kamar, deluxe 19 kamar, bisnis 9 kamar, kamar triple 10 unit, family dua dan junior suite satu unit dan Duta suite 2 unit.

Justru diantara itu, selama masa covid yang paling banyak dipesan adalah jenis Deluxe. Karena harga yang sangat kompetitif, dari sebelumnya Rp 843 ribu sekarang dijual hanya Rp 250 ribu. “Biasanya kamar tipe standar yang laku tapi selama covid kebanyakan tamu pesen tipe Deluxe. Harganya sangat kompetitif fasilitasnya juga sangat lengkap dan nyaman seperti bathup, minibar dan sangat luas juga kamarnya,”katanya.

Tamu yang menginap kebanyakan untuk urusan pekerjaan. Jika pada week end kebanyakan keluarga, justru saat ini sangat minim untuk kalangan tersebut. Seperti pada Februari lalu atau usai Imlek biasanya pada perayaan Cap go mee banyak tamu dari luar negeri yang melakukan sembayang. “Tapi kenyataannya sepi sekali makanya kami harus melakukan gebrakan untuk bertahan. Dan program grand prize ini kami harapkan bisa mendongkrak hunian. Dan kita harapkan pula covid segara berlalu dan perekonomian bisa kembali seperti sedia kala,”katanya. (Why-INA).