Banner Pemprov
Banner MUBA

Fitri janjikan satu pekan Lebak Jaya bebas banjir

PALEMBANG,BS – Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda meninjau lokasi banjir yang sempat viral di media sosial, yang terletak di Jalan Lebak Jaya 3 Kecamatan Kalidoni Palembang.

Disamping seringnya terjadi banjir, penguna jalan juga harus melaju lambat saat melintas jalan itu. Permukaan Jalan yang sempit dan berlubang membuat pengendara tidak merasa aman melintasinya.

Ketua RT 32 Lebak Jaya Kusmin, menjelaskan bagaimana kondisi jalan yang terhubung dengan jalan Harapan Jaya tersebut.

“Kalau hujan sedikit, banjir. tergenang semua (kediaman) warga sekitar ini,” jelasnya.

Dia juga menambahkan terdapat beberapa faktor-faktor lain menyebabkan terjadinya banjir di kawasan itui, diantaranya adalah tumpukan sampah dan ditimpanya selokan pinggir jalan oleh bangunan – bangunan warga.

Menanggapi masalah ini, Pemerintah Kota Palembang melakukan koordinasi dengan RT dan RW setempat untuk menjelaskan kondisi jalan kepada warga.

Selain itu mereka juga menurunkan bantuan alat berat berupa ekskavator untuk memperlancar proses perbaikan jalan.

“Kalau ini kita tidak kerjakan, maka persoalan banjir di Lebak Jaya ini tentu tidak akan selesai. Karena hampir rata-rata kawasan yang mengalami banjir karena ada pembangunan atau sampah yang menutupi saluran,” ujar Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda kepada wartawan pada Rabu (31/03/21).

Fitrianti kemudian menjelaskan kepada para pemilik lahan setempat tentang pentingnya aliran selokan yang lancar.

Ini juga sekaligus menjadi himbauan kepada seluruh ketua RT, RW, untuk tidak mengijinkan pembangunan yang mengahadangi aliran selokan.

Dengan lancarnya mediasi bersama warga, Fitrianti memperkirakan perbaikan dan pemanjangan selokan di jalan Lebak Jaya akan selesai dalam tempo waku 1 minggu.(farhan)