Banner Pemprov
Banner MUBA

Kelas sore masih favorit di Universitas Taman Siswa

 

PALEMBANG,BS–Perkuliahan pada kelas sore, yang dimulai pukul 16.00 wib masih menjadi favorit di Universitas Taman Siswa Palembang. Bahkan jumlahnya capai 70 persen dari total mahasiswa.

Hal itu diungkapkan Rektor Universitas Taman Siswa Palembang, Dr Azwar Agus, SH, MHum usai mewisuda 422 mahasiswa di Aula OPI Center, Kamis (14/10).

“Justru lebih banyak pilih kelas sore, karena yang kuliah ini kebanyakan mereka yang sudah bekerja, hampir 70 persen dari total mahasiswa kita,” katanya.

Masih favoritnya kelas sore, lanjut dia, lantaran mahasiswa banyak yang sudah bekerja, usai pulang baru mereka masuk kuliah.

Fenomena itu bahkan terjadi sejak dulu. Selain itu, lantaran lokasi kampus yang juga sangat mendukung, yakni berada di tengah kota sehingga aksesnya sangat gampang dituju dari mana pun. Juga berada di dekat kawasan perkantoran dan pusat belanja.

“Dekat perkantoran, tengah kota makanya usai pulang kerja tidak terlalu jauh untuk ke kampus. Ini pemicunya, ” katanya.

Diketahui Universitas Taman Siswa memiliki dua kelas untuk sistem pembelajaran, yakni kelas pagi yang dimulai pukul 08.00 wib.

Umumnya, mereka yang mengisi kelas pagi rata-rata adalah mahasiswa murni yang memang belum bekerja. Satu lagi adalah kelas sore, sejak pukul 16.00 hingga malam hari.

Jumlah mahasiswa untuk kelas sore capai 70 persen dari total mahasiswa di kampus tersebut.

Sementara untuk wisuda, jajaran senat dan rektorat mewisuda 422 mmahasiswa, secara offline dan langsung.

Harapan dari lahirnya sarjana baru ini bukan hanya mencari lapangan kerja tetapi menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain sehingga lulusan Tamansiswa bisa membuka lapangan pekerjaan dan tidak tergantung dengan intansi, pemerintah maupun swasta.

Saat ini, Tamansiswa memiliki enam fakultas  dan satu program magister dengan 11 program studi. Dengan dimulainya pembelajaran mahasiswa secara offline dalam pembagian kelas selama perkuliahan dibagi menjadi dua, yakni satu kelas dengan kehadiran 50%, yang awalnya satu kelas 40 mahasiswa sekarang dibatasi menjadi separuhnya yakni 20 orang saja.

Pihaknya menerangkan bahwa tahun ini merima mahasiswa baru sekitar sebanyak 400an mahasiswa dan tahun sebelumnya mencapai 500 mahasiswa.

Dimana fakultas yang paling diminati yaitu fakultas hukum dan ekonomi yang terbagi di kelas pagi dan sore. (Why)