Banner Pemprov
Banner MUBA

Miliki Banyak Manfaat, Dinkes Palembang Luncurkan Aplikasi LACCAK BOM

 

PALEMBANG,BS  – Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Palembang tak henti-hentinya untuk terus berupaya dalam memberikan kemudahan terhadap masyarakat ataupun pelayanan kesehatan di kota Palembang.

Kali ini, Dinkes kota Palembang sengaja luncurkan aplikasi LACCAK BOM guna mempermudah pemantauan stock persediaan barang, pengendalian persediaan barang di Dinas Kesahatan, Puskesmas, Rumah Sakit di kota Palembang serta menjaga mutu persedian.

Diketahui, bahwa LACCAK BOM merupakan suatu aplikasi berbasis web yang merupakan singkatan dari Listrik, ATK, Covid-19, Alat Lainnya, Karcis, Bahan Medis Habis Pakai, Nbat, dan Makanan Pendamping Asi.

Aplikasi LACCAK BOM yang digagas oleh Sri Yulia Ningsih, S.KM., M.Kes itu juga telah dirilis langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) kota Palembang, dr. Hj. Fenti Aprina, M.Kes di Atrium Palembang Indah Mall (PIM) di Hari Kesehatan Nasional pada Jumat kemarin.

Selaku penggagas aplikasi, Sri Yulia Ningsih, S.KM., M.Kes menjelaskan, bahwa dalam pengembangan, aplikasi LACCAK BOM juga nantinya akan mencakup tentang ketersediaan obat di apotik se-kota Palembang dalam membantu masyarakat untuk memperoleh layanan obat secara mudah, cepat, tepat dan lengkap.

“Semoga aplikasi ini dapat meningkatkan mutu layanan pada masyarakat, sehingga masyarakat kota Palembang juga dapat selalu sehat dan sejahtera,” kata Yulia yang juga merupakan Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Kota Palembang, Minggu (14/11).

“Masyarakat dapat membuka Web dan melihat jumlah persediaan obat di apotik, sehingga pelayanan obat atau kefarmasian dapat dilakukan melalui online terutama pada penyakit Comorbid dan Kronis,” tambahnya.

Diketahui juga, selain meluncurkan Aplikasi LACCAK BOM, Dinkes kota Palembang juga serentak luncurkan aplikasi lainnya, yakni Aplikasi SIKAT TBC gagasan dr. FAUZIA, M. Kes dengan dihadiri oleh Selviana Harnojoyo, Sekda Kota Palembang, Kapolresta Palembang, Kepala Badan Intelenjen (BIN) Kota Palembang, Kepala Puskesmas serta Direktur Rumah Sakit dan tamu undangan lainnya. (Ril).