Banner Pemprov
Banner MUBA

Palembang kota pertama di Sumsel miliki Assesment Center

PALEMBANG,BS  – Dalam mengoptimalkan setiap tanggung jawab dalam kinerja serta menumbuhkan SDM yang profesional, berbagai upaya terus dilakukan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) kota Palembang.

Dalam hal ini, BKPSDM kota Palembang sengaja melaunching Assessment Center, IT Center, serta E-Kinerja guna menjamin mutu hasil penilaian dalam mendapatkan data serta hasil laporan, hasil kualifikasi kompetensi kinerja pegawai secara cepat, transparan dan memiliki akuntabilitas yang handal.

Kegiatan launching yang dilakukan di kantor BKPSDM itu juga mendapatkan apresiasi langsung dari Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Pokja Pengawasan Bidang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Wilayah I, Rudiarto Sumarwono.

Dikatakan Rudi, bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang saat ini telah meraih keberhasilan dalam Melaunching tiga hal besar, yakni Assessment Center, IT Center, serta E-Kinerja, dan pertama di Provinsi Sumel.

“Ini adalah langkah menjadi lebih baik kedepan guna memastikan seluruh pelayanan publik terkait dengan kepegawaian dan sebagainya bisa berjalan lebih baik lagi,” kata Rudi, Rabu 17 November 2021.

Dijelaskan Rudi, Assessment Center yang biasanya dilakukan di kota lain, yakni Jatinangor Jawa Barat membutuhkan biaya yang cukup besar. “Dengan ada Assessment Center Pemkot Palembang ini berarti sangat baik sekali,” jelasnya.

Masih dikatakannya, para calon-calon pejabat Pemerintahan seperti Kepala OPD, Asisten, Sekda dan sebagainya dari seluruh Kabupaten Kota di Sumatera Selatan saat ini bisa datang langsung ke kota Palembang.

“Jadi ini sangat menarik sekali. Selain menunjukan bagaimana tingkat kepercayaan kita nanti juga pastinya akan ada dana-dana yang masuk,” ucapnya.

Sementara itu, Walikota Palembang H. Harnojoyo berharap, dengan telah dilaunchingnya Assessment Center, IT Center, serta E-Kinerja tersebut, Pemerintah kota Palembang kedepan akan mampu menumbuhkan SDM yang betul-betul handal sesuai dengan bidangnya.

“Tentu kami berharap, tidak hanya di BKPSDM saja, tetapi yang mengungakan IT ini bisa juga dilakukan oleh seluruh OPD,” tuturnya.

Bahkan, Walikota Palembang dua periode itu juga menyampaikan, dengan kerjasama yang baik antar SKPD, seluruh harapan terkait visi-misi kota Palembang juga kedepan akan dapat terwujud.

“Intinya, dengan apa yang dilakukan BKPSDM pada pagi ini, kedepan kita lebih mengetahui seorang ASN yang profesional serta akuntebel dalam jabatan-jabatan tertentu serta dengan hal-hal yang lain,” tungkasnya.

Diketahui, selain dihadiri oleh Walikota Palembang, Harnojoyo dan Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Rudiarto Sumarwono, hadir juga dalam kegiatan tersebut, yakni Sekretaris Daerah kota Palembang, Ratu Dewa, Ketua DPRD kota Palembang, Zainal Abidin, Kepala BKD Provinsi Sumsel, Nora Elisya, Kepala BPSDM Sumsel, Hj Tarbiyah.

Tidak hanya itu saja, kegiatan melaunching Assessment Center, IT Center, serta E-Kinerja tersbut juga dihadiri oleh beberapa jajaran KASN, para anggota Panitia Pelaksana, serta para kepala OPD dan para pejabat di lingkungan Pemerintahan kota Palembang. (ira).