Usai serahkan hadiah, Kapolsek Plaju minta warga pilih datang atau didatangi

 

“Mau kami yang datang ke rumah anda, atau anda yang datang ke Polsek Plaju, silahkan Dipilih”

PALEMBANG, BS–Kapolsek Plaju, Iptu Novel Siswandi Kurniawan, SH, MH menantang warga Kecamatan Plaju yang belum melakukan vaksin Covid 19.

“Mau tim Polsek yang datang ke rumah anda atau anda yang datang ke Polsek untuk dilakukan vaksin,” kata Novel usai melakukan posesi penyerahan hadiah motor program Gebyar Vaksin Akhir Tahun kepada pemenang di Polsekta Plaju, Selasa (14/1/2022).

Menurut Novel, program vaksinasi yang digelar Kepolisian akan terus berlanjut hingga capaian vaksin 100 persen, dimana saat ini vaksinasi di wilayah Plaju sudah capai 84 persen.

Dalam upaya mengejar target itulah pihaknya akan terus menggiatkan program vaksinasi ke masyarakat, seperti vaksin serbu kampung khusus bagi warga yang ingin didatangi untuk vaksinasi di lokasi tempat tinggal warga.

Atau pilihan lainnya, melalui program posko Polsek siaga. Posko ini, urai Novel, berada di kantor Polsek Plaju yang dibuka sejak pukul 08.00 wib hingga 14.00 wib yang akan dibuka setiap hari.

Pihaknya juga telah menyiagakan tim dokter dan tenaga medis lainnya termasuk operator untuk administrasi kartu vaksin.
“Posko siaga vaksin ini kita berikan bagi warga yang belum sempat ikut program serbu Kampung, bisa datang langsung ke Polsek Plaju, kita siaga dari pagi sampai sore setiap hari, ” Katanya.

Dua pilihan itu diberikan agar warga lebih fleksibel dengan melakukan penyesuaian aktifitas namun tetap bisa divaksin.

Selain terus masuk ke lingkungan warga, Polsek Plaju saat ini juga terus melakukan pendataan wilayah mana saja yang capaian vaksinnya belum maksimal, dari situ, timnya akan masuk bersama vaksinator dari Dinas Kesehatan untuk mevaksin warga tersebut.

Pemetaan itu dilakukan agar capaian vaksinasi bisa lebih maksimal lagi sehingga target 100 persen tercapai.

“Kita data mana daerah yang capaian vaksinnya rendah, kita lihat apa pemicunya, baru kita masuk untuk vaksinasi disana, ” katanya.

Sementara posesi penyerahan hadiah dilakukan di kantor Polsek Plaju, yang jaraknya tak jauh dari posko siaga vaksin. warga yang ingin melakukan vaksin tampak antri menunggu giliran. Mereka datang sambil membawa KTP dan surat keterangan lain.Vaksinator pun tanpak sigap melayani masyarakat.

Jalaluddin, pemenang satu unit motor Yamaha, didampingi kakaknya mengaku tak percaya bisa menjadi pemenang.

Bahkan dia mengaku tak memiliki firasat apapun. Hanya saja, orangtuanya sempat bilang bahwa anaknya akan mendapatkan motor saat penitia meminta data kartu vaksin miliknya.

“Waktu itu kami ikut vaksin tahap II, pergi sama ibu dan istri. Habis vaksin ibu sempat bilang, jalaluddin kamu bakal dapat motor, makanya cepet isi kuponnya, ” ucap Zambari, kakak Jalaluddin menirukan ucapan orangtuanya.

Ternyata apa yang dibilang ibunya kala itu menjadi kenyataan. Kebetulan juga, kakaknya mengaku bahwa Jalaluddin yang sehari-hari adalah pengojek ini kehilangan motor saat diparkir.

“Baru habis hilang motor juga, Terimakasih polisi, terimakasih pak Kapolda, semoga hadiah motor ini bisa membawa berkah bagi kami semua, ” katanya. (Dewi).