Dampingi 50 kasus tanpa bayaran, Suwito sebut bukti Ddedikasi Advokat

 

PALEMBANG,BS–Hingga kini melalui Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBH) Garuda Kencana Indonesia, telah melakukan pendampingan 50 kasus tanpa dibayar alias gratis.

“Itu bukti dedikasi kami sebagai advokat. Kita merasa terpanggil untuk membantu warga yang terzolimi terkait proses hukum, ” kata Ketua YLBH Garuda Kencana Indonesia, Suwito Winoto usai posesi pengambilan sumpah 19 advokat anggota DPD FERARI Sumsel di Pengadilan Tinggi Palembang, Senin (10/1/2022).

Diketahui, YLBH Garuda Kencana Indonesia adalah organisasi perpanjangan sayap dari DPD FERARI yang fokus pada pendampingan warga kurang mampu, untuk mendapatkan keadilan. Sejak organisasi ini dibentuk, sudah lebih dari 50an kasus ditangani sepanjang tahun 2021, lalu dan hingga kini, masih beberapa kasus yang dalam proses peradilan.

Suwito yang menjabat sebagai Ketua YLBH Garuda Kencana Indonesia merangkap sebagai Ketua DPD FERARI Sumsel ini, mengaku menerapkan pola subsidi silang dalam hal pembiayaan, dimana penanganan masalah di DPD FERARI Sumsel ssbagian alokasi biaya digunakan untuk menyokong pada penanganan kasus di YLBH Garuda Kencana Indonesia.

“Semua warga berhak atas pendampingan saat berhadapan dengan hukum, entah itu warga tidak mampu atau mampu, makanya kami menerapkan pola subsidi silang ini sehingga keadilan hukum bisa dirasakan semuanya, ” katanya.

Untuk kasus yang ditangani dibawah DPD FERARI Sumsel dikerjakan secara profesional dngan perhitungan biaya yang rinci pula, sebagian keuntungan disepakati bersama untuk biaya penanganan kasus pada YLBHI Garuda Kencana yang memang diperuntukkan warga tidak mampu namun terzolimi, yang memang tanpa biaya alias gratis.

Bersama lebih dari 200an Advokat, Suwito mengaku penerapan pola subsidi silang ini merupakan hasil konsensus bersama.

“Kita sudah sepakati bersama bahkan diatur secara terpusat, ini bukti dedikasi kami kepada masyarakat, ” katanya.

Makanya, sebut dia, bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum, pihaknya secara terbuka siap membantu. Warga bisa datang ke kantor DPD FERARI langsung atau kantor YLBH Garuda Kencana Indonesia atau bisa juga menghubungi dirinya langsung via telepon pribadi atau WhatApps.

“Bisa langsung mengubungi saya pada nomor pribadi saya 085273634400 atau via WA, atau langsung datang ke kantor kita, kita maksimalkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Kantor DPD FERARI sendiri terletak di Jl. Alamsyah Ratu Prawiranegara No.68, Karang Jaya, Kec. Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30138.

Menurut Suwito, sebanyak 50an kasus yang ditangani dari YLBH Garuda Kencana Indonesia, paling banyak adalah kasus penganiayaaan, penipuan hingga kasus mafia tanah. Selama semua unsur hukumnya terpenuhi dengan baik, pihaknya secara terbuka siap membantu warga tanpa dikenakan biaya alias gratis.

Ini sesuai dengan marwah DPD FERARI sendiri yang memiliki filosofi religiuas dan mengutamakan kemanusiaan serta kasih dengan sesama. “Ini yang jadi kiblat organisasi kita dalam menangani perkara hukum para klien, ” katanya.
(dewi).