Ponpes di Lubuklinggau perebutkan Piala Kasad TNI AD

 

LUBUKLINGGAU,BS  – Sebanyak enam tim sepakbola perwakilan masing-masing Pondok Pesantren (Ponpes) di Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan berlaga memperebutkan Piala Kasad TNI AD Jendral Dudung diajang Liga Santri PSSI 2022.

Di Lubuklinggau, pembukaan berlangsung di lapangan sepakbola eks Kompi, Senin (20/6/2022). Pembukaan ditandai dengan menendang bola ditengah lapangan oleh Dandim 0406 Lubuklingau, Letkol Arm Anggeng Prasegyo Sulistyo.

Pada pertandingan hari pertama mempertemukan tim kesebelasan Ponpes Al Ikhlas vs Ponpes Mafaza. Di babak pertama, kesebelasan Al Ikhlas unggul sementara 2-0. Laga tersebit disaksikan langsung Dandim Lubuklinggau.

“Kita melihat pertandingan perdana ini, adik-adik santri bermain cukup bagus. Mereka memiliki kemampuan. Kita harapkan dapat terus dikembangkan,” kata Dandim.

Dijelaskannya, pembukaan liga santri dilaksanakan serentak di setiap Kabupaten Kota. Di Lubuklinggau liga santri diikuti 6 peserta, Kabupaten Musi Rawas delapan peserta dan Kabupaten Muratara diikuti oleh tiga peserta.

“Digelarnya liga santri merupakan komitmen TNI Angkatan Darat bersama PSSI untuk meningkatkan olahraga sepakbola di Indonesia,” bebernya.

Lebih lanjut, tim yang juara dari setiap Kabupaten Kota akan dikirim seleksi melalui kompetisi tingkat Provinsi. Kemudian juara tingkat Provinsi akan dikirim ke tingkat Nasional. Puncaknya dilaksanakan 22 Oktober 2022 saat memperingati Hari Santri Nasional.

“Kita berharap ini bisa berjalan dengan baik, tentunya dengan menjunjung sportivitas,” ujarnya.

Selain itu diharapkan salah satu pesantren baik di Lubuklinggau, Musi Rawas dan Muratara akan mewakili Provinsi untuk tingkat Nasional.

Sebelumnya, Agus Cahyono, salah satu panitia mengajak masyarakat semarakkan Liga Santri PSSI Piala Kasad Tahun 2022 mulai 20 Juni – 22 Oktober 2022.

Kota Lubuklinggau Dilapangan Bola Eks. Kompi Taba Pingin tgl 20 – 29 Juni 2022, diikuti 6 Pondok Pesantren.

Kab. Musi Rawas  di Lapangan Bola Muara Beliti (Belakang Kantor Camat Beliti), tgl 20 – 27 Juni 2022, diikuti 8 Pondok Pesantren.

sedangkan Kab. Musi Rawas Utara :”
Dilapangan Bola Rawas Ulu (Depan Koramil 406-01/ Rawas Ulu), tgl 20 – 22 Juni 2022, diikuti 3 Pondok Pesantren.

“Final Hari Puncak (Hari Santri Nasional) Tgl 22 Oktober 2022 di Jawa Barat,” ujarnya.

Masing-masing  wilayah Kab / Kota yang juaranya akan dikirim ke Palembang utk tanding tingkat Propinsi. Jadi Kodim nanti kirim 3 Tim (Mura, Linggau dan Muratara). Dan juara ditingkat Propinsi akan dikirim ke tingkat Nasional.(ril)