Pj Sekda Musni Wijaya Proyeksi OPD Muba Usulkan DAK TA 2023

 

SEKAYU,BS– Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mengadakan kegiatan rapat penyampaian kebijakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun Anggaran 2023, Rabu (22/6/2022) bertempat di Ruang Rapat Serasan Sekate.

Rapat dipimpin oleh Pj Bupati Muba H Apriyadi MSi melalui Pj Sekretaris Daerah Muba H Musni Wijaya SSos MSi, didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Drs Yusuf Amilin dan dihadiri pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Muba.

Dalam arahannya Musni Wijaya mengatakan, saat dilakukan
pengusulan kegiatan DAK tentunya, ada banyak dokumen yang harus dilengkapi sebagai pendukung dari proses DAK.

“Untuk itu, terus lakukan pelengkapan terhadap dokumen yang dibutuhkan. Segala usulan yang sudah di pertimbangkan segera laporkan di pada aplikasi Krisna. Harus disiplin, ikuti timeline perencanaan dengan benar,”ujar Pj Sekda.

Sambungnya, evaluasi rutin juga sangat penting dilakukan karena bisa mengetahui pencapaian progres kegiatan dan persoalan-persoalan yang ditemukan.

“Maka melalui forum ini, saya tegaskan kepada Organisasi Perangkat Daerah pemegang DAK harus bergerak proaktif, agar penyerapannya bisa dilakukan dengan maksimal. Jangan sampai DAK yang sudah dialokasikan namun tidak dapat terealisasi,”tegasnya.

Sementara, Plt Kepala Bappeda Muba Sunaryo SSTP MM dalam paparannya menyampaikan, fokus kebijakan DAK tahun 2023, dalam perencanaannya berbasis tematik. Pemilihan daerah lokasi prioritas DAK lebih selektif. Penajaman menu kegiatan. Saat ini, timeline perencanaan sudah sampai pada input usulan. Terakhir pengusulan ini di input pada tanggal 6 Juli mendatang.

Terdapat beberapa poin yang harus diperhatikan secara bersama diantaranya, mempersiapkan usulan pembangunan yang akan didanai DAK, utamakan usulan yang tidak diakomodir di RKPD 2023. Memperhatikan dan mematuhi jadwal tahapan penginputan usulan DAK Fisik. Mempersiapkan dokumen teknis dan memastikan lahan clean and clear untuk kegiatan pembangunan DAK Fisik yang diusulkan. Selalu berkoordinasi dengan kementerian / lembaga teknis dalam proses pengusulan kegiatan DAK.

“Semoga melalui rapat ini, segala pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari DAK Kabupaten Muba bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan hasil yang diharapkan,”tandasnya.(ril)