Bangunan yang Viral, Kopi Roda ternyata tempat Prasasti nama nama pejuang 5H5M

 

PALEMBANG,BS – Sempat menghebokan dunia maya dan kalangan warga Kota Palembang, bangunan Kopi Roda yang diperebutkan ahli waris ini, mempunyai sejarah yang belum banyak diketahui masyarakat luas.

Bangunan yang terletak di Jalan Segaran Kelurahan 14 Ilir Kecamatan Ilir Timur (IT) 1 Palembang ternyata mempunyai sejarah yang erat dengan  perperangan lima hari lima malam (5H5M) di Kota Palembang yang meletus  pada  1 hingga 5 Januari 1947 tempo dulu.

Menurut cerita Netty Lim anak dari Lim Tjeng San  atau Tuan Lim pemilik bangunan Kopi Roda ini menuturkan, dihalaman bangunan Kopi Roda ada prasasti kayu nama nama pejuang Tentara Indonesia (TRI).

“Waktu saya masih kecil didepan rumah Kopi Roda itu ada prasasti nama nama pejuang Palembang lima hari lima malam yang gugur,” katanya, Kamis ( 23/6/2022).

Sayangnya prasasti itu hilang tanpa bekas, seiring dengan pesatnya pembangunan.

“Saya masih kecil saat itu, saya lihat sendiri, karena dibawah prasasti itu tempat saya main ekar (Kelereng,” ungkapnya.

Bahkan bangunan Kopi Roda, tempat tinggal 17 bersaudara ini juga tempat produksi Kopi Tiga Roda, lilin dan jamu kesehatan untuk ibu melahirkan merk manjangan.

“Dibangunan itu dulu tempat pejuang kumpul karena ada pelindungan dari papa ( Tuan Lim), bahkan papa sangat aktif dalam memberikan konsumsi untuk pejuang dari Kopi Roda,” jelasnya.

Bangunan yang kini telah dipasang garis larangan untuk memasuki kawasan itu, kini hanya menjadi saksi bisu masa masa kejayaannya dalam andil melawan penjajah.(za)