Kesehatan menurun, pelukis SMB II akan lelang lukisan

 

PALEMBANG,BS – Pelukis sketsa wajah pahlawan nasional Raden Hasan Pangeran Ratu atau yang dikenal dengan nama Sultan Mahmud Badarrudin (SMB) II Palembang H.Eden Arifin kondisi kesehatannya terus menurun.

Karyanya yang  fenomenal lukisan sketsa wajah SMB II karyanya yang diakui secara Nasional buah karya pelukis senior di Kota Palembang sosok H.Eden Arifin terkesan dilupakan.

“Kita mau melelang lukisan SMB II,” kata Eden, Selasa (30/6/2022) saat dibincangi beritasumatera.co.id dikediamannya di Jalan Pangeran si Doing Lautan Lorong Tapak Nyari Kelurahan 32 Ilir Kecamatan Ilir Barat 2  Tangga Buntung Palembang.

 

Pikiran Eden seakan terus berkecamuk tetapi tidak kontras dengan  lidahnya untuk menjelaskan secara detail lukisan SMB II yang  diselesaikannya selama 21 hari melukis wajah pahlawan Nasional dari Palembang ini pada tahun 1982 silam,  lidahnya  keluh lantaran diserang  tiga kali hipertensi menghinggapi tubuhnya untuk bercerita tentang lukisan karyanya menjadi kendala.

Baiknya,  saat dibincangi dikediamannya sang istri Muniarti menjelaskan secara detail lantaran sangat mengetahui sejarah suaminya itu saat diminta Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk melukis wajah SMB II.

“Saat itu Papa (Eden)  tidak istirahat sebelum lukisan itu selesai,” ungkapnya.

Setelah rampung 100 persen lukisan yang mendekati 99 persen wajah SMB II ini, diserahkan ke Pemerintah Provinsi Sumsel yang dibungkus rapi agar terjaga kerahasiannya.

“Lukisan Pak Eden yang dipilih dari pelukis yang lain, setelah itu baru diserahkan ke pemerintah pusat untuk dipajang sebagai sosok Pahlawan Nasional dari Palembang,” katanya sambil mengungkapkan ada tambahan uang jasa sebesar Rp 250 ribu kembali setelah lukisan itu diserahkan.

Berjalan dengan waktu, sketsa wajah SMB II lukisan itupun dipakai untuk mata uang Rupiah di Rp 10.000.

“Kita dikalahkan, malahan kita harus membayat finalti,” tegasnya.(za)