Tim Tenis Sumsel Juara di Turnamen UNP, Ajang Pemanasan PON Papua

PADANG, BS – Tim Tenis Sumsel berhasil keluar sebagai juara umum turnamen tenis Se-Sumatera Piala Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) pada Minggu (11/4) petang. Selain juara kategori beregu tim yang juga menurunkan atlet andalan Sumsel pada PON Papua mendatang juga menjadi juara kategori perorangan.

Sekretaris PELTI Sumsel, Dr Arianto Mpd mengungkapkan, turnamen ini menjadi ajang untuk mengukur kemampuan atlet yang dimiliki Sumsel, yakni pasangan Rafidia Muhammad dan Jones Pratama. Serta memetakan persaingan tim-tim dan calon lawan mereka yang akan ikut berlaga di Papua pada Oktober – November mendatang.

“Alhmadulillah, hasil ini merupakan berkah bagi tim Sumsel. Dari sini, kita juga melihat bagaimana kemampuan dan persiapan calon lawan kita yang nanti juga akan berlaga di Papua,”ungkap Arianto. Dikatakannya, tim Tenis Sumsel akan tetap menggelar latihan mandiri selama Ramadan mendatang. Sesuai dengan target yang diusung untuk kembali membangkitkan prestasi Sumsel di Tenis Nasional.

Apalagi, seperti diketahui, setelah 20 tahun berlalu, baru kali ini tim Tenis Sumsel kembali lolos di ajang PON. Oleh sebab itu, setidaknya tim Sumsel dengan petenis andalan yang dimiliki saat ini mampu berbicara di ajang nasional tersebut. “Terus terang kita terkendala pandemi, jadi beberapa rencana latih tanding sempat tertunda, tapi rupanya ini tak menyurutkan niat anak-anak,”katanya.

Ada enam atlet Sumsel yang akan berlaga pada PON Papua mendatang, mereka akan turun beregu dan perorangan, yakni Rafidia Muhammad, Jones Pratama, Afrizal Ivansevic, Dimas Riski, Anan Cesar dan Mahendra. Sebelumnya diungkapkan oleh Ketua Pelti Sumsel, Ilyas Panji Alam jika prestasi ini (lolos PON Papua) merupakan angin segar bagi tim Sumsel untuk kembali unjuk gigi.

“Beberapa lawan yang memang selama ini merajai tenis masih tetap kita pantau diantaranya Jawa Timur, DKI Jakarta dan Kalimantan. Untuk Sumatera, kita punya pesaing dari Jambi, Sumbar dan Medan. Mudah-mudahan dengan doa dan dukungan masyarakat, kita bisa memberikan prestasi di PON nanti,”kata Ilyas. (ril)