Banner Pemprov
Banner MUBA

Gara -gara  sertifikat ganda, masyarakat berseteru

PALEMBANG BS-, Gara gara BPN yang menerbitkan sertifikat ganda Ratna Juita dan Maimunah berseteru.

Kasus Cikmaimuna sungguh menjadi perhatian Publik Sumatera Selatan, tuduhan adanya dugaan pemalsuan yang dalam proses persidangan sudah menjadi terdakwa.

Dihadapan majelis yang diketuai Hakim Toch Simanjuntak bahwa Saksi Rusno(70) adalah saksi dari BAP, Menurut Titis Rahmawati selaku pengacara terdakwa namun tidak hadirkan .

Dalam keterangan bahwa Rusno adalah ketua , Rt 53 sejak 2009 hingga sekarang merupakan  Rw 23 kelurahan 16 ulu  kecamatan Seberang ulu II.

Sjak tahun 1990 saksi Rusno tidak mengetahui tentang adanya penggarapan yang dilakukan cik Maimunah , Ratnajuita itu adalah warga Rt 53, dan masalah tanah yang disengketa saksi tidak mengetahui setelah adanya panggilan dari pihak Polda Sumsel.

Selanjutnya Rusno, menerangkan bahwa tahun 2015 cik maimunah telah mangajukan SPH, kemudian selaku Ketua Rt telah memohon meminta pihak kelurahan 16 dan kecamatan dan berserta aset daerah bersama BPN agar melakukan pengecekan dan pengukuran terhadap tersebut.

Sementara saksi Agus Toni mengatakan bahwa dia telah membeli tanah kepada cik maimunah seluas 564 M”, dan sekarang sudah bersertifikat dan tidak mengetahui tanah itu milik  Ratnajuita.

Menurut Agus Toni, Sekarang tanah yang menjadi objek disengketakan merupahkan kelurahan 16 tidak pernah diklaim kelurahan 8 ulu. Sampai saat ini tanah yang dibeli dari cik maimunah semua telah bersertifikat.

Usai persidang Pengacara Terdakwa. Titis Rahmawati, mengatakan dihadapan para media bahwa sudah jelas dari keterangan dua orang saksi ini, bahwa objek tanah itu sudah sejelas diwilayah 16 Ulu. “Jadi klien kami dituduh memalsukan tidak benar, dan dikatakan mafia tanah, dan sekarang saya tantang,” kata Titis.

Sementara kuasa hukum Ratnajuita. RAZMAN ARIF mengatakan bahwa kasus ini famelier dimasyarakat, tetang kasus ini. ,,” kami akan melaporkan Titis yang telah menjastifikasi tetang keluarga kelien kami adalah warga kepolisian sehingga kasus ini berjalan,”jelasnya

Lebih lanjut Razman sidang yang akan digelar pekan depan, akan menghadirkan saksi yang mengetahui masalah ini, “karena itu kami apriasi majelis hakim yang telah mengabulkan permohonan kami untuk mengadirkan saksi,,” terangnya. (RAH)