Banner Pemprov
Banner MUBA

Herlan PHRI sumringah, Desember dapur hotel ngebul

 

PALEMBANG, BS–Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel, Herlan Asfiuddin sumringah.

Dia pun tersenyum dengan sorat mata fokus menghadap layar utama usai mendengar sambutan virtual dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiago Uno di kampus Politeknik Pariwisata, Selasa (8/9/2021).

Sandiago Uno sebelum membuka kegiatan sentra Vaksinasi 4.400 bagi masyarakat umum dan Mitra PT Gojek Indonesia dan Polterpar Sunsel, menyebut progres situasi pandemi di Sunsel makin membaik.

Apalagi saat ini level status PPKM sudah menurun dari level empat menjadi tiga. Juga vaksinasi warga Sumsel yang saat ini capai 22,8 persen dari target Herd Imunity sebesar 70 persen pada Desember, nanti sudah di depan mata.

Artinya, sebut Sandiago, potensi gerakan kegiatan Pariwisata akan segera pulih dan bangkit seperti dulu.

Meski saat ini masih bergerak lambat, bukan tidak mungkin target Gubernur Sumsel pada Desember nanti Herd Imunity Sumsel tercapai gerbong Pariwisata akan melaju cepat dan kencang.

“Target Sumsel kan Desember nanti Herd Imunity bisa dicapai. Bukan tidak mungkin akses kegiatan hotel, tempat wisata, restoran akan lari split dan cepat. Dan Dapur hotel dan restoran bisa ngebul kembali. Ayo semua pihak kita bersatu, gerak cepat dan gencar… Ayo.. Ayo..,” pekik Sandiaga yang disambut tepuk riuh para tamu yang hadir.

Kegiatan yang berlangsung di halaman Poltekpar dihadiri Asisten III Pemprov Sumsel, Achmad Najib, Direktur Politeknik Pariwisata Sumsel, Dr Zulkifli Harahap serta para jajaran managemen PT Gojek Indonesia.

Lebih lanjut, kata Sandiaga, Kemenpraf berharap percepatan pulihnya industri pariwisata sangat tergantung pada perkembangan vaksinasi Covid 19 masyarakat. Jika sudah tercapai 70 persen saja warga sudah Covid 19 maka gerakan pariwisata akan dibuka seluas-luasnya sehingga mampu menggerakan perekonomian secara cepat dan dinamis.

Baginya, kegiatan pariwisata akan jadi pendorong yang kuat gerakan perekonomian masyarakat.

“Ibarat ekonomi itu adalah baling-baling pada kincir angin, nah kegiatan pariwisata ini adalah anginnya untuk memutar baling -baling agar berputar kencang, ” Katanya.

Pemerintah provinsi Sumsel juga tak tinggal diam, terbukti pada kegiatan di Lampung belum lama ini, Gubernur Sumsel, Herman Deru yang saat itu bertemu dengan Presiden RI, Jokowi meminta langsung tambahan 400 ribu vaksin untuk Sumsel.

Upaya itu dilakukan agar target Herd Imunity Sumsel pada Desember mendatang tercapai. “Pak gubernur juga langsung minta tambahan vaksin agar target Desember Herd Imunity tercapai, ” tambah Najib.

Dua ungkapan itu membuat hati Herlan Asfiuddin lega karena ada harapan kebangkitan pariwisata tak kurang dari tiga bulan kedepan.

Selaku ketua PHRI, Herlan bahkan sudah mempersiapkan langkah taktis seperti vaksinasi seluruh anggota PHRI Sumsel. Saat ini, hampir 90 persen anggota yang dinaunginya sudah vaksinasi, baik itu vaksin dosis satu maupun dua. Ini sebagai bentuk persiapan para pekerja hotel dan sektor industri pariwisata untuk menjamu dan bekerja dalam situasi yang sehat dan kuat tanpa takut menular atau ditularkan Covid 19.

“Desember tercapai herd imunity, berarti kegiatan Pariwisata jalan dan jadi pendorong perputaran ekonomi. Artinya dapur hotel dan restoran kita bisa ngebul kembali. Kita sangat bersyukur sekali, ” Kata herlan.

Target capaian 70 persen Herd Imunity juga langsung disambut beberapa program yang siap digelar pemerintah, salah satunya kompetisi Karate tingkat nasional memperebutkan piala Herman Deru Open Karate pada Desember mendatang.

Ketua Panitia Kegiatan, Aliyuddin bahkan menyebut kegiatan Herman Deru Cup ini akan diikuti lebih dari 3000an peserta baik atlet, pelatih dan official dari 37 provinsi di Indonesia yang pelaksananya akan di pusat kan di areal dempo I JSC Jakabaring.

“Ada sekitar 49 kelas yang akan kita pertandingkan. Artinya ada sekitar 3000an tamu yang bakal datang ke Palembang untuk mengikuti kompetisi ini. sudah tentu mereka akan menginap di hotel-hotel, wisma atlet dan beberapa tempat lagi, ” katanya.

Satu bulan selanjutnya, yakni pada Januari tahun 2022, rombongan tim FIFA World Cup U20 juga akan bertolak ke Palembang, untuk mengecek infrastruktur Palembang akan menjadi salah satu negara tuan rumah penyelenggaraan sepak bola tingkat dunia.

“Kami berharap semua rencana yang sudah di susun pemerintah bisa terus menggairahkan sektor pariwisata dan perekonomian kita, ” katanya. (Why).