Banner Pemprov
Banner MUBA

Meski tua, Ahok bangga kilang Plaju masih produktif

 

PALEMBANG, BS--Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bangga melihat ketangguhan PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) unit Plaju yang masih tetap produktif hingga profit meski merupakan kilang tua.

Hal itu diungkapkan Ahok usai melakukan kunjungan ke Kilang Pertamina Plaju, belum lama ini. Bahkan langkah dan upaya yang dilakukan manajemen Pertamina dalam upaya optimasi hingga digitalisasi kilang membuatnya salut.

Basuki beserta rombongan yang didampingi oleh Direktur Operasi PT KPI Yulian Dekri disambut oleh General Manager (GM) RU III Moh. Hasan Efendi.

“Jadi kami tentu bangga dengan Kilang Plaju, tapi melalui ini kami makin yakin bahwa proses restrukturisasi Pertamina menjadi subholding seperti ini (sudah) benar karena masing-masing subholding jadi punya ruang untuk berinovasi meningkatkan kinerja,” ujar Basuki.

Ia mengenang sulitnya birokrasi yang dirasakan saat ketika belum dilakukan transformasi di tubuh Pertamina.

“Sekarang masing-masing RU bisa berkreasi, bisa menentukan mau menjadi kilang seperti apa,” tutur Basuki.

Namun, Ia menekankan bahwa Pertamina tetaplah satu kesatuan. Basuki juga menekankan betapa pentingnya digitalisasi dan mengapresiasi inovasi yang telah dilakukan PT KPI Unit Plaju.

“Digitalisasi yang ada di RU III ini bisa kita _copy,_ bila perlu Perwira yang terlibat di IT yang punya passion untuk membangun IT, bisa berkompetisi untuk ikut lelang jabatan SVP yang akan memimpin PICC (Pertamina Integrated Command Center),” kata Basuki.

“Jadi PICC nanti dari hulu, kilang sampai ke _downstream_ kita akan integrasikan,” sambungnya.

Basuki mengatakan Kilang Plaju walaupun sudah sangat tua tapi tetap produktif.

“Saya melihat optimasi, digitalisasi yang dilakukan ini sangat membanggakan, inilah fungsi dari subholding yang betul-betul jadi,” imbuhnya.

Basuki berharap ide-ide yang ada harus dieksekusi dengan baik.

“Jadi tugas kami sekarang adalah memastikan para perwira berani eksekusi,” tuturnya.

Di samping itu, Basuki juga menekankan pentingnya penerapan reward dan
punishment yang adil, termasuk untuk meratakan lapangan tanding bagi seluruh Perwira Pertamina dalam pengembangan karir dan sistem penilaian kinerja.

Yulian Dekri dalam arahannya menyampaikan bahwa berkaitan dengan operasional dan bisnis di PT KPI, dirinya sangat mengapresiasi pencapaian Kilang Plaju, meskipun berusia sudah sangat tua namun masih menghasilkan profit.

Beberapa waktu lalu, PT KPI Unit Plaju meraih rekor MURI karena memiliki kilang tertua yang masih beroperasi dan menguntungkan.

Namun ia mengingatkan bahwa masih perlu berusaha dan paham betapa masih jauh perjuangan yang harus ditempuh. “Sehingga target di tahun 2021 tetap harus kita kejar,” ucap Yulian.

Yulian juga menyampaikan, berkaitan dengan target pencapaian Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) Emas, PT KPI Unit Plaju penting untuk tetap bermanfaat bagi masyarakat.

“Sehingga target Kilang Plaju ini tidak hanya bermanfaat untuk kita di Kilang Plaju saja, namun yang sangat penting yaitu bermanfaat kepada seluruh masyarakat baik di ring 1 perusahaan maupun Indonesia secara keseluruhan,” tutupnya. (Why).