Banner Pemprov
Banner MUBA

Sambut Hari Tata Ruang, DPD Rei minta Developer perhatikan ini

 

PALEMBANG, BS–– Ketua DPD REI Sumsel, Zewwy Salim bersama Sekretaris, Agus Alamsyah meminta Developer memperhatikan dua poin utama sebelum melakukan pembangunan rumah.

“Bagaimana sistem pengelolaan sanitasi pembuangan akhir dan apakah kawasan tersebut masuk daerah resapan air atau kantong banjir, ” Kata Zewwy di ruang kerjanya, jumat (8/10).

Sebelumnya, REI juga bergabung dalam webinar memperingati hari Tata Ruang Nasional 2021 dengan tema penataan ruang yang berkeadilan. Dari DPD REI dihadiri Sekretaris REI Sumsel, Agus Alamsyah yang membuka sekaligus menutup webinar.

Zewwy mengatakan pengembangan yang tergabung dalam rei untuk memperhatikan sanitasi yang baik, ruang terbuka hijau dan bisa meminimalisir sanitasi dan daerah rawan banjir atau daerah resapan air.

“Kita berharap dari pemerintah untuk mencari solusi bagaimana, kita melihat upaya pemerintah sudah sangat optimal dan kita mendukung apapun yang menjadi kebijakan dan renacana pembangunan kota Palembang kedepan,” ujarnya.

Sementara itu Agus menambahkan,
Dari hasil zoom meeting yang dilaksanakan dalam perlunya pengaturan tata ruang selain RT/ RW bagaimana dibuatkan kawasan-kawasan yang memang dapat dibangun

“kawasan yang apakah itu daerah resapan, apakah konservasi, daerah – daerah industri sehingga nantinya pembangunan itu lebih tepat sasaran,” kata Agus.

Agus menuturkan dalam hal ini pembangunan lebih terkoneksi mulai dari sarana dan prasarana, saluran dan lain sebagainya, jika sudah terkoneksi dengan segala peraturan yang ada maka tidak akan menimbulkan kawasan daerah kumuh baru

“Tata ruang bertujuan untuk menjadikan pembangunan yang lebih teratur dan terarah,” bebernya.

Pihaknya berharap peran serta masyarakat secara kolektif dalam proses penataan ruang misalnya penyusunan perencanaan tata ruang, pemanfaatan tata ruang dan pihaknya berpartisipasi sebagai pengendali tata ruang pada pengawasan.

“Masyarakat wajib sebagai partisipasi aktif bekerjanya sistem penataan ruang antara lain, mentaati rencana tata ruang yang telah dilakukan, pemanfaatan ruang yang telah ditetapkan dan sebagainya,” pungkasnya.

Diketahui tujuan dari webinar tersebut membahas kawasan yang terisolir menjadi kawasan yang ekonomis dimana REI Sumsel berperan memberi masukan bagaimana konsep tata ituang itu diberlakukan oleh pemerintah. (Why)