Ajak warga cinta sungai, Pemkot akan gelar Festival Sungai Sekanak Lambidaro

 

PALEMBANG,BS – Menjaga kebersihan sungai, anak  Sungai Musi di kota tertua di Indonesia ini, menjadi harga mati Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang.

Membangun kecintaan akan kebersihan sungai, dan merangsang warganya, tidak lama lagi masyarakat Kota Palembang akan disuguhi festival yang semarak akan Sungai Sekanak Lambidaro.

Walikota Palembang H.Harnojoyo mengatakan, festival itu nantinya akan digelar akhir bulan ini.

“ 28- 29 Januari kita akan menggelar festival Sekanak Lambidaro,” jelas Harnojoyo , Selasa (18/1/2022) usai memimpin rapat koordinasi bersama Balai Sungai Sungai ataupun Balai Perkim, di Rumah Dinasnya.

Dikatakan Walikota Palembang, H. Harnojoyo, bahwa kegiatan festival sungai tersebut sangatlah membutuhkan dungukan serta kontribusi dari berbagai pihak.

“Mudah-mudahan dengan adanya Festival ini dapat melahirkan kecintaan masyarakat kota Palembang terhadap sungai-sungai di kota Palembang yang memang sudah kita keluarkan dana yang cukup besar terkait dengan destinasi,” kata Harnojoyo.

Masih dikatakan Harnojoyo, bahwa pihaknya juga telah melakukan koordinasi bersama Kapolda Sumsel terkait Sungai Bendung yang juga rencana akan dijadikan salah satu Destinasi Wisata Sungai bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan sukses Festival Sekanak Lambidaro ini juga akan ada festival lain di sungai-sungai yang lain, seperti Sungai Bendung juga,” ujarnya.

“Pokoknya nanti tidak akan ada sungai yang kita beda-bedakan. Yang pastinya yang sangat kita harapkan adalah untuk mengedukasikan kepada masyarakat,” tambah Harnojoyo.

Walikota Palembang dua periode itu juga menyampaikan, selain pengendalian banjir, sungai-sungai di kota Palembang juga diharapkan kedepan dapat menjadi sarana transportasi destinasi.

“Tetapi yang paling penting adalah bagaimana kita memberikan pelajaran kepada masyarakat untuk mencintai sungai-sungai kita ini,” tutupnya.(ril)