Air Sungai Musi musim pasang, Fitri bersama nelayan lepaskan ribuan Ikan Patin

 

PALEMBANG,BS- Upaya menjaga ekosistem sungai agar terawat habitatnya, Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, Kamis (20/1/2022) kembali menebar benih ikan air tawar Ikan Patin.

Bertolak dari dermaga pelabuhan Kereta Api Indonesia (KAI) Kertapati Palembang, Fitri menumpangi Kapal Kembang Dadar bersama nelayan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melepaskan benih ikan yang  dikemas dalam plastik putih berukuran besar di Sungai Musi yang lagi musim air pasang di Sungai Ogan.

“Kita berkomitmen habitat ikan air tawar ini populasinya harus terus bertambah, dan ini bagian dari semangat menjaga lingkungannya, ” kata Fitri.

Tebar benih ikan ini, kata Fitri sudah menjadi komitmen jajaran Pemkot Palembang untuk dilakukan setiap tahunnya guna  menjaga populasi jenis ikan air tawar yang ada termasuk menjaga kekayaan populasi ikan Sungai Musi.

“2.500 benih ikan yang kita lepas jenis Ikan Patin,” ungkapnya.

Fitri yang menyempatkan bicara langsung dengan para nelayan, Fitri mengetahui tangkapan ikan dari nelayan dengan cara tradisional terus mengalami penurunan hasil tangkapan.

“Mereka (nelayan) mengaku ikan yang berhasil ditangkap kecil kecil,’ kata Fitri menirukan perkatasn nelayan.

Untuk itu, tegas Fitri dibutuhkan komitmen semua lapisan masyarakat, organisasi dan pemerintah untuk bersama menjaga kekayaan Sungai Musi.

“Saya berharap melalui kegiatan rutinitas Pemkot Palembang ini bisa mengispirasi para komunitas lain untuk turut serta dalam melestarikan ikan yang ada di Sungai Musi ini,” jelasnya.

Untuk melibatkan semua lapisan masyarakat ini, Fitri akan mengajak semua masyarakat bersumbangsih dalam menjaga populasi ikan dengam cara setiap usaha dan masyarakat yang ingin mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) agar memenuhi persyaratan untuk menebar bibit ikan di Sungai Musi dan penghijauan untuk menanam pohon.

“Insyaallah jika rencana ini berjalan maka ekosistem Sungai Musi dan9 keindahan kota Palembang akan lebih hijau akan lebih terjaga,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan penebaran benih ikan ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Palembang H.Edison, Kepala Dinas Perikanan Kota Palrmbang Ahmad  Zazuli, Sektaris Sat Pol PP Palembang Al Haidiri dan OPD lainnya.(ril)