Sambut Atlet Gateball, Harnojoyo minta Sekanak Lambidaro dan Air Mancur menari dioptimalkan

 

PALEMBANG,BS – Juli mendatang, Kota Palembang akan menjadi perhatian seluruh atlet gateball seluruh Indonesia, tentunya potensi wisata yang dimiliki harus menjadi daya tarik sendiri.

“Sekanak Lambidaro dan air mancur menari untuk dioptimalkan menjelang Festival olahraga nasioanal ( Fornas ) Gateball,Juli mendatang,” kata Walikota Palembang H.Harnojoyo, Kamis( 12/5/2022) usai menerima audensi jajaran pengurus Gateball Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dirumah dinasnya.

Sekanak Lambidaro dan air mancur menari di Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) yang menjadi icon baru wisata di kota tertua di Indonesia ini, kata Harnojoyo harus bisa menjadi daya tarik duta olahraga itu nantinya.

“Palembang sebagai ibukota Sumsel, harus bisa memberikan yang terbaik,” tegasnya.

Cabang olahraga (Cabor) Gateball memang belum.familiar di Palembang, dengan event inilah Gateball akan menjadi promosi baru olahraga mirip permainan golf tersebut.

“Venue untuk Gateball akan digelar di Jakabaring, olahraga mirip golf hanyanya bolanya lebih besar ini, bisa menjadi primadona baru kegemaran wong Palembang,” katanya.

Bahkan, perhelatan Gateball, katanya akan lebih mengenalkan Palembang nantinya, lebih Palembang menjadi kota rekomendasi utama dari Kementerian PU.

“Kami sangat mengapresiasi sekali dengan adanya kegiatan tersebut karena olah raga ini bisa diikuti oleh semua usia tentunya. Selain itu juga saya ucapkan terima kasih kepada Pak menteri PU yang telah mempercayakan kota Palembang sebagai tempat penyelenggara kegiatan tersebut,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum Getaball Sumse Ir.Basyaruddin Akhmad M.Sc menjelaskan, ada 34 provinsi dan 27 kota dan kabupaten yang akan mengikuti Fornas gateball nanti.

“Ini adalah salah satu gagasan dari Menteri PU  sekaligus ketua umum, guna membentuk kepengurusan salah satu Cabor ini yaitu gateball di Sumsel yang terdiri 6 Pemda dan Pemkot. Untuk kabupaten sendiri yang sudah terbentuk yaitu Pagaralam, OKU Selatan, Lubuklinggau, Musirawas , Prabumulih dan Kota Palembang,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa ini merupakan festival rakyat dan sangat menyenangkan sekali untuk diselenggarakan.

“Untuk cabor Get ball sendiri akan diadakan di lapangan tembak jakabaring,” tutupnya.(Omy)