Kementerian Pertanian Gelar Bimtek Sebagai Bentuk Dukungan UMKM dengan Petani di Sumsel

 

PALEMBANG,BS  – Kementerian Pertanian RI menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Fasilitas Pembiayaan Pertanian di the Zuri Hotel Palembang. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal selama dua hari kedepan yang dimulai hari ini, Rabu (3/8/2022).

Kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, S.H., M.M. Turut hadir mendukung kegiatan ini, Joice Triatman, S.Si., M.Sc sebagai Staf Khusus Menteri Pertanian Bidang Kelembagaan dan Tata Hubungan Kerja.

Direktur Pembiayaan Pertanian Ditjen PSP Ir. Indah Megahwati, MP, Koordinator Pemberdayaan Permodalan dan Asuransi Pertanian Ir. Ika Purwani, MSi, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan Fraksi NasDem Yenny Elita, S.Pd.,MM.

Ketua International Council for Small Business (ICSB) diwakili oleh Hj. Meilinda S.Sos., MM., Ketua Persikindo (Perkumpulan Srikandi Kreatif Indonesia) sekaligus menjadi koordinator Peserta Bimtek Sumsel Dr. Sunda Ariana M.Pd., MM dan KA OPD (Kepala Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemprov Sumsel.

Dari 17 Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan, yang dapat menghadiri secara fisik terdapat 12 Kab/Kota.

Diantaranya:

1. Kota Palembang
2. Kota Prabumulih
3. Kab. Ogan ilir
4. OKKabI (Ogan Komering Ilir)
5. Kab. Lahat
6. Kab. Muara Enim
7. Kab. Empat Lawang
8. Kab. Musi Rawas
9. Kab. Musi Rawas Utara
10. Kab. Lubuk Linggau
11. Kab. OKU (Ogan Komering Ulu)
12. Kab. Banyuasin
Sedangkan 5 Kab/Kota lainnya diwakilkan dengan produk UMKM dan Hasil Tani perempuan yang di gelar di tempat acara.

Bimtek ini diselenggarakan untuk memberikan edukasi kepada Petani di Sumatera Selatan dan juga menginformasikan support Pembiayaan kementan terhadap program KUR.

Yang membuat menarik dari Bimtek ini adalah seluruh peserta merupakan perempuan yang tergabung dalam organisasi Perempuan Tani di Sumatera Selatan.

Terselenggaranya kegiatan ini merupakan bukti dari dukungan serta arahan Kementerian Pertanian RI terhadap persoalan modal dalam penggiat UMKM dan Khususnya Petani dan juga Support Pembiayaan Kementerian Pertanian RI terhadap program KUR.

Dalam kegiatan ini diadakan juga Pameran hasil UMKM wanita Sumsel yang bersumber pada Hasil Panen Petani Sumatera Selatan.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumatera Selatan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Kita sebagaimana harusnya jadi Penghasil bukan pembeli dan juga semua untuk
Peserta bimtek yang menghadiri acara hari ini harus bisa menjadi garda terdepan untuk komunikasi langsung ke petani,” ujarnya.

Fungsi pasca bimtek itu harus sesuai yang kita pelajari hari ini yaitu edukasi, guru pembimbing sehingga mejadi jembatan ke penyuluh supaya petani yang paham digital menjadi semakin paham akan kemajuan teknologi. Tak luput juga himbara harus bersama-sama menjadikan fungsi yang edukatif.

“Peserta BIMTEK diharapkan juga menjadi garda terdepan untuk komunikasi langsung ke petani. Menjadi penyuluh ke petani dan petani ke bank,” katanya.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bagus karena berisi informasi yang sangat berguna, terutama tentang kesempatan bantuan modal melalui program KUR dengan bunga rendah yang di dukung oleh Kementan

. “Sangat sayang sekali ada kesempatan bunga rendah, harus dimanfaatkan,” ujar beliau.

Dalam kesempatan ini Gubernur juga menyempatkan meninjau pameran hasil UMKM wanita sumsel yang bersumber pada Hasil Panen Petani Sumatera Selatan.