LHP Taba Kelintang selesai, Ratusan Juta Jadi Temuan Inspektorat

 

BENGKULU UTARA,BS  – Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) yang dilakukan oleh pihak Inspektorat Kabupaten Bengkulu Utara, terkait laporan masyarakat mengenai Dana Desa tahun 2018, Taba Kelintang Kecamatan Batik Nau beberapa waktu yang lalu kepada pihak Kejaksaan Negeri Arga Makmur telah selesai dilakukan.

Hal ini diungkapkan oleh Ir. Suharto Handayani selaku Inspektur Inspektorat kabupaten Bengkulu Utara, saat dikonfirmasi awak media diruang kerjanya, Senin (21/10/2019).

“Untuk LHP Desa Taba Kelintang sudah selesai. Kalau nilainya mencapai ratusan juta rupiah,” ujar Suharto.

Lebih lanjut dikatakan Suharto, bila hasil dari pemeriksaan yang dilakukan oleh pihaknya, sudah disampaikan kepada pihak Desa Taba Kelintang.

“Sudah kita sampaikan, Kita tunggu saja selama 60 hari kedepan. Dan itu sudah terhitung sejak hari jum’at kemarin (18/10/2019). Kalau tidak dikembalikan tinggal lagi kita serahkan kepada aparat penegak hukum,” tandas Suharto.

Sebelumnya, beberapa orang warga Desa Taba Kelintang mendatangi kantor Kejaksaan Negeri Bengkulu Utara untuk melaporkan dugaan korupsi Dana Desa (DD) tahun 2018 berupa pengadaan toilet rumah warga dengan dana sebesar Rp 536 juta untuk 107 KK.

Dari 107 KK hanya dibuat WC nya sebanyak 61 KK. Sedangkan yang 46 KK lagi hanya diberikan uang sebesar Rp.3 juta diatas kwitansi kosong.

Tak hanya hal itu dari laporan masyarakat, mengatakan bila Kepala Desa Taba Kelintang diduga telah menjual aset milik desa berupa besi kerangka jembatan gantung Air Bintunan yang dibangun pada tahun 2016 semasa Pjs. Kades yang lalu. (Eren)