Banner atas

Cinta Mohon Dukungan

PALEMBANG,BS – CINTA Zatira Virgin (17), pelajar SMAN 1 asal Prabumulih terus mengembang senyum saat melakukan audiensi di kantor Gubernur Sumsel, Selasa (4/4/2021).

Kehadiran Cinta secara khusus untuk meminta dukungan kepada Gubernur Sumsel, Herman Deru atas terpilihnya mewakili Sumsel dalam ajang Duta Tari Indonesia 2021.

Cinta berhasil mengalahkan lebih dari 330 peserta se-Sumsel dalam kompetisi yang digelar secara online beberapa waktu lalu. Awal Juni, mendatang Cinta akan berangkat ke Maumere Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama 55 grand Finalis Duta Tari 2021 se-Indonesia.

Proses seleksi akan dilakukan beberapa tahap, seperti penjurian menari, intelektual dan pengetahuan umum dan penjurian foto shoot, sikap dan penampilan,”katanya.

Dalam kontes peragaan busana modern, cinta akan membawakan baju kreasi Zainal Songket.

Cinta bercerita, saat seleksi awal dirinya mengirimkan langsung video tari, lalu penilaian dilakukan langsung melalui live streaming.

“Rencananya Juni nanti berangkat ke NTT untuk karantina, makanya saya minta dukungan penuh warga Sumsel,”ucap gadis berkulit putih bersih ini.

Dia pun mengaku tak menyanka bisa terpilih dalam ajang tersebut. Apalagi juara I FLS2N kreatifitas seni tari 2019 ini memang memiliki hobi tari dan setiap tampil tari dimanapun, selalu menyimpan semua dokumen.

“Kalau nari dimanapun selalu direkam. Nah rekaman itu Cinta kirim. Ternyata seleksi pertama lolos, lalu seleksi kedua melalui live straming via zoom dan wawancara langsung,”katanya.

Ternyata semua proses menempatkan cinta pada finalis terpilih bersama satu peserta lainnya asal Baturaja. “Mohon doa dan supportnya”tegasnya.

Keponakan Mario KDI ini mengaku akan menampilkan tari Gending Sriwijaya untuk grand final nanti.

“Tari gending ini kan tarian khas Sumsel, dan dibawakan untuk menyambut tamu kenegaraan, presiden hingga duta besar. Cengkok dan gemulainya punya makna dan ciri khusus. Sangat digdaya sekali,,katanya. Lalu apa saja persiapan yang dilakukan menjelang grand final nanti,” katanya.

Menurutnya lebih banyak latihan dan memperdalam pengetahuan tentang tari.

Biasanya latihan hanya satu jam sehari kini bisa lebih dari dua jam. Bahkan setiap iringan musik Gending, cinta mengaku sangat hapal.

Bahkan cinta mengaku dalam pentas tersebut dirinya tak hanya akan menari namun langsung menyanyikan lagu Gending bersama petikan gitar akustik yang akan dipertontonkan langsung di hadapan para juri.

Sementara Gubernur Sumsel, Herman Deru mengaku sangat mendukung kreatifitas dan seni serta prestasi yang ditorehkan Sumsel.

Apalagi misi yang dibawa adalah memperkenalkan tari Gending Sriwijaya yang menjadi roh seni khas daerah.

“Kita akan all out membantu,”katanya. Senada diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumsel, Aufa Syahrizal mengaku akan membackup penuh kepesertaan dalam ajang tersebut. “Karena membawa misi kebudayaan, kami dukung penuh,katanya. (Why).