Kesbangpol Naik Kelas, Balitbang Bakal Dilebur

 

BENGKULU UTARA,BS – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bengkulu Utara bakal segera berubah status dari setingkat Kantor menjadi setingkat Badan atau Dinas. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 11 Tahun 2019 tentang evaluasi kelembagaan. Sementara itu, Badan Penelitian dan Pengembang (Balitbang) dikabarkan bakal dilebur ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Bengkulu Utara.

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Bengkulu Utara, Suryadi,S.STp dikonfirmasi awak media, jum’at (04/10/2019) membenarkan hal tersebut.

“Memang benar kalau tidak ada halangan tahun 2020 untuk Kesbangpol sendiri berubah menjadi badan, dan itu berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 11 Tahun 2019 tentang perangkat daerah yang melaksanakan urusan pemerintah di bidang Kesatuan Bangsa dan Politik,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, bila Kesbangpol tersebut masuk ke dalam tipe A, maka akan membawahi empat bidang, jika masuk kedalam tipe B akan membawahi tiga bidang dan jika masuk ke dalam tipe C maka akan membawahi dua bidang.

”Kalau berdasarkan hasil penilaian kantor Kesbangpol kita memperoleh nilai sebesar 968,” jelasnya.

Sementara itu, kepala Balitbang Bengkulu Utara, drh. Agus Arifianto mengungkapkan bila untuk Balitbang masih belum tahu apakah bakal bergabung atau masih berdiri sendiri.

“Kalau hal itu masih 50:50. Bisa saja bergabung bisa juga berdiri sendiri. Kalau berdasarkan hasil penilaian dari bagian Ortala nilainya 700lebih dan itu termasuk kedalam kategori lembaga tipe B. Tinggal lagi tergantung kepada daerah dan kajian yang lainnya,” ungkapnya. (Eren)