Labkesda Bengkulu Utara belum terakreditasi

BENGKULU UTARA,BS – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Bengkulu Utara hingga saat ini belum terakreditasi dan belum bisa dimanfaatkan secara optimal dalam menyumbang PAD untuk Bengkulu Utara.

Kepala UPTD Labkesda Bengkulu Utara, Sapuan, mengatakan belum terakreditasinya tersebut karena banyaknya kekurangan seperti gedung Labkesda belum memenuhi standar laboratorium, masih kekurangan SDM.

“Memang sampai saat ini lab kita belum terakreditasi, dari gedung Lab kita saja belum standar Lab, kemudian IPAL kita saja masih sederhana karena masih secara manual.jika terakumulasi sesuai dengan akreditasi, harus memiliki bentuk tersendiri, ada pengomposan, netralisir bahan kimia dan sebagainya,” ungkap Sapuan,Senin (28/10/2019).

Lanjut Sapuan, bila akreditasi LAB ini penting bahkan wajib untuk seluruh laboratorium. Jika labkesda sudah terakreditasi, bisa menyumbangkan pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi dari para pihak yang ingin mendapatkan jasa pelayanan. Untuk sementara ini, walaupun belum terakreditasi, pelayanan di laboratorium tetap dilakukan.

“Untuk kerjasama dengan institusi lainnya ataupun perusahaan swasta lain yang ada didaerah kita, mereka sudah mensyaratkan kerjasama dengan laboratorium yang sudah terakreditasi sebagai syarat uji mereka. Kalau sudah terakreditasi otomatis itukan bisa menjadi tambahan bagi PAD Daerah kita. Tetapi kita berharap Lab kita terakreditasi,” tutupnya. (Eren)