Masifkan Potensi Perikanan di Teluk Kijing Muba

 

LAIS,BS– Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud terus menyisir dan melakukan potensi-potensi desa di setiap wilayah di Bumi Serasan Sekate sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan desa.

Misalnya saja, di Desa Teluk Kijing Kecamatan Lais yang saat ini potensi perikanannya perlu dimasifkan agar memberikan dampak untuk desa dan masyarakat.

“Disini (Teluk Kijing, baca) dahulu punya potensi kayu yang sangat baik. namun, sekarang tidak lagi melainkan potensi perikanan yang harus dibina kepada warga dan nelayan,” ucap Pj Bupati Apriyadi Mahmud usai menghadiri Tabligh Akbar Dalam Rangka Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 H / 2023 M di Masjid Al – Ula Dusun I Desa Teluk Kijing I Kecamatan Lais, Selasa (21/2/2023).

Menurutnya, kekayaan biota Sungai berupa ikan sangat melimpah di Desa Teluk Kijing. Oleh sebab itu, harus diberikan pendampingan kepada warga dan nelayan agar potensi tersebut berkelanjutan dan menjadi berkah masyarakat.

“Ini yang akan kita maksimalkan, agar potensi perikanan disini dapat dimanfaatkan dengan baik dan memberikan dampak langsung,” ucapnya.

Ia menambahkan, dengan dimasifkan potensi perikanan juga menjadi bagian upaya menekan angka kemiskinan dan stunting di Muba khususnya di Teluk Kijing. “Selain itu juga kita gencarkan Gerakan Masyarakat Makan Ikan agar memutus mata rantai kasus stunting,” harapnya.

Mantan Kepala Bappeda Muba itu mengaku, selama ini percepatan kemajuan di Teluk Kijing sedikit terlambat.

“Tahun ini Insya Allah jalan sepanjang 4 kilometer akan kita perbaiki, agar perekonomian di Teluk Kijing dapat bergerak meningkat dengan pesat,” ucapnya.

Lanjutnya, Pemkab Muba melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman Muba juga akan melakukan relokasi beberapa unit rumah di Desa Teluk Kijing. “Sudah kita siapkan di APBD-P 2023 ini, Insya Allah realisasi tahun ini,” ungkap dia.

Sementara itu, Ketua Masjid Al Ula, Rusmin SPd MM mengaku warga Teluk Kijing sangat bangga bisa didatangi langsung oleh Bupati Muba Apriyadi Mahmud.

“Apalagi beliau tadi mengungkapkan akan memperbaiki infrastruktur jalan di Desa kami dan akan memaksimalkan potensi perikanan di Teluk Kijing, ini kabar yang sangat baik bagi kami warga Teluk Kijing,” ujarnya.

Menurutnya, Pemkab Muba saat ini sangat realistis dalam memajukan potensi daerah di masing-masing Desa. “Semoga menjadi berkah bagi kami, dan perekonomian Kabupaten Muba semakin baik,” tandasnya.

Dalam rangkaian Tabligh Akbar Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 H / 2023 M di Masjid Al – Ula Dusun I Desa Teluk Kijing I Kecamatan Lais tersebut turut dihadiri Pimpinan Ponpes Darul Abror Tanggerang, KH Abdul Khotim SAg yang memberikan Tausyiah kepada warga Teluk Kijing.(ril)