Banner Pemprov
Banner MUBA

Kenang orang penting proyek Parit Lalang, BPBD dirikan tugu prasasti 4 Pilar

 

PANGKALPINANG,BS –Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkal Pinang Provinsi Bangka Belitung (Babel) menyelesaikan pembangunan tugu prastasti Kolong Retensi Parit Lalang.

Kolong Retensí Parit Lalang kini menjelma menjadi sangat bersih, dan menjadi tempat rekreasi warga setempat.

Prasasti ini dibangun tidak hanya sebagai ikon kawasan tersebut, akan tetapi mempunyai nilai sejarah yang menceritakan empat orang yang terlibat langsung dalam proyek tersebut.

“Tugu prasasti yang terlihat ada beberapa nama dalam monumen BPBD Kota Pangkalpinang,” kata PPK BPBD Kota Pangkal Pinang Bahar, Sabtu (13/2/2021).

Tugu Prasasti 4 pilar ini bertujuan untuk pengamanan aset ,sumber air baku ,sport tourizent

“Ini untuk mengenang masa kegiatan proyek yang waktu perencanaan sampai di kerjakan ada 4 orang berganti jabatan dan terakhir di zaman walikota sekarang,” ungkapnya.

Dimana waktu itu Pernah ada tim study banding dari DPRD dan pemerintah Sumsel ,melihat icon prasasti 4 pilar.

“Memang prasasti ini kita buat sendiri dan karya kita sendiri ,agar kedepannya biar menjadi aset kota dan tahu akan sejarah nya,”jelas Bahar.

Sementara Ketua RT .002 RW 003, Irwan,mengatakan,bahwa lokasi saat ini sebetulnya harus lebih di perhatikan lagi terutama jalan yang ada di sekitar wilayah kolong tersebut,biar warga yang ingin melihat suasana kolong bisa permudah , serta dapat juga di manfaatkan untuk airnya bagi warga setempat.

“Memang dalam pengelolaan kurang ,dan selaku RT di sini juga baru beberapa bulan menjabatnya,jadi seperti apa bagusnya kita perlu ada kerjasama dari semua pihak ,agar kolong ini dapat di kelola dengan baik ,biar menjadi suatu bermanfaat,”ujarnya .(Adi)