Kurir Sabu buka mulut, diperintah dari dalam Lapas

 

PALEMBANG,BS – Kurir narkoba bernama Aidil Fitri dan Yadit Hariyono yang berhasil diamankan Direktorat Reserse Narkoba (Diresnarkoba) Polda Sumsel dikawasan Sukarame Palembang usai mengambil paket Sabu seberat 10 Kg,akhirnya buka mulut.

Mereka mengaku baru pertama kali mengantarkan paket barang haram itu, atas perintah yang mengaku bernama Anton dari dalam Lapas Merah Mata.

Belum sempat dihantarkan, mereka keburu diamankan petugas saat membawa sabu mengunakan sepeda motor.

“Anton orang yang berada di dalam Lapas Merah Mata yang menyuruh kami mengambil barang tersebut,” tersangka,Selasa (15/3/2022) didepan Wakapolda Sumsel, saat gelar kasus.

Barang haram itu, kata tersangka, atas perintah diambil dari salah satu penginapan di kawasan Sukarame Palembang.

“Kami diberi kunci kamar, tapi kami tidak tahu siapa orangnya dan juga upah kami,” katanya.

Sementara itu, Kalapas Merah Mata Kadiyono melalui telepon selulernya belum bisa memberikan keterangan lantaran masih ada tugas diluar.

Sementara itu juga, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Lapas Merah Mata mengatakan,akan mendalami terkait adanya pengakuan tersangka tersebut.

“Akan kita kroscek lebih dahulu, karena banyak nama Anton yang ada dalam binaan Lapas Merah Mata,” tegasnya.

Sementara itu juga, Wakapolda Sumsel dalam gelar kasus mengungkapkan, pihaknya berhasil menyelamatkan  165 ribu orang dari penyalahgunaan narkoba.

Setelah jajarannya, selama dua minggu terakhir  Direktorat Reserse Narkoba (Diresnarkoba) beserta jajaran Polda Sumsel berhasil mengamankan 114 orang pelaku narkoba dan menyita barang bukti narkotika 14,87 kilogram sabu,  dan 44,31 kg ganja dan Ekstasi sekitar 2100 butir ditempat yang berbeda-beda.

Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan mengatakan, penangkapan kali ini terdapat dua dikategorikan yang besar selama dua minggu terakhir.

“ Dari tersangka Es 7 Maret lalu  dengan barang bukti ganja 33 Kg yang ditangkap di kawasan Alang-alang Lebar, Palembang,” ungkapnya.

Tak berselang waktu lama petugas kembali melakukan penangkapan sabu seberat 10 kilogram di Jalan Letjen Harun, Kecamatan Sukarami, tepatnya di Losmen Al-Mukaromah Palembang dan 4,87 kg ditempat yang berbeda di wilayah Palembang

“Intruksi Kapolda tindak tegas narkoba hingga ke akarnya,” tegasnya.(yudi)