Komitmen Pemerintah Jaga Kelestarian, Ratu Dewa Lantik Tim Ahli Cagar Budaya Palembang 2023-2026

 

PALEMBANG,BS – PJ Walikota Ratu Dewa melantik Tim Ahli Cagar Budaya Palembang periode 2023-2026.

Tim ahli yang dilantik hari ini merupakan gabungan dari berbagai macam latar belakang yang mumpuni di bidangnya terdiri dari Arkeolog hingga dosen, kemudian juga dibantu jajaran pemerintahan.

Proses terbentuknya sampai dengan dilantiknya tim ahli ini merupakan komitmen serius pemerintah dalam menjaga kelestarian cagar budaya yang ada di Palembang, agar tidak hilang bahkan punah.

PJ Walikota Palembang Ratu Dewa mengapresiasi gerakan cepat dari Dinas Kebudayaan Palembang yang dibuktikan dengan terwujudnya pelantikan tim ahli cagar budaya hari ini.

“Tugas berat harus dimulai dengan perencanaan yang matang, maka pembelajaran harus banyak kita lakukan,” ujar Ratu Dewa dalam sambutanya pada acara pelantikan di Rumah Dinas Walikota, Jumat (29/9/2023).

Ia mengingatkan bahwa Palembang merupakan kota tertua dan banyak hal dari sisi dokumentasi tidak hanya dalam bentuk fisik tapi surat- surat penting juga cukup banyak.

“Begitu juga dengan situs dan museum di Kota Palembang ini cukup banyak,” katanya.

Berhadapan dengan era digital saat ini, lanjut dia, proses dokumentasi dan arsip pendekatanya sudah menjadi database.

“Sesuai zaman yang sudah serba digital, pembuatan data yang benar-benar valid sehingga bisa diakses masyarakat kedepan, tugas ini menjadi tugas kita selagi kita bersinergi dengan optimal,” tutupnya. (Ril)